Tingkatkan Partisipasi Perempuan Desa, Pertamina EP Adera Field Bina Kelompok Perempuan Selaras Alam

Tingkatkan Partisipasi Perempuan Desa, Pertamina EP Adera Field Bina Kelompok Perempuan Selaras Alam

Perempuan Selaras Alam binaan Pertamina EP Adera Field, saat memanen Tanaman Obat Keluarga (TOGA). --

SUMEKS.CO - Pertamina EP Adera Field sebagai perusahaan milik negara yang memiliki komitmen kuat untuk menerapkan Environment, Society, dan Goverment (ESG), terus berupaya memberikan dampak positif kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja operasional perusahaan. 

Melalui Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan, Pertamina EP Adera Field membina kelompok perempuan Selaras Alam Desa Pengabuan sebagai kelompok yang berada dikawasan ring 1 perusahaan. 

Kelompok Perempuan Selaras Alam ini, bergerak memanfaatkan lahan tidur di desa untuk menanam sayur dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) secara organik.

Tentunya, TOGA ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari serta mengurangi pengeluaran rumah tangga yang sebagian sudah dapat disubstitusi melalui kegiatan pertanian organik kelompok. 

Sebanyak 30 perempuan itu tergabung dalam Kelompok Perempuan Selaras Alam yang diketuai oleh Herawati. 

BACA JUGA:Tumbuhkan Kepedulian Anak Terhadap Dampak Lingkungan, PEP Adera Field Ajak Murid SD Tanam 1.000 Pohon

BACA JUGA:Pertamina EP Adera Field Sigap Tangani Kebocoran Pipa di Benuang

Herawati bersama beberapa perempuan lainnya, mendapatkan pembinaan peningkatan wawasan pertanian organik dan kapasitas kelompok dari Pertamina EP Adera Field. 

Kelompok Perempuan Selaras Alam ini, telah mengikuti berbagai kurikulum sekolah lapangan pertanian organik, seperti mengenal ekologi tanah yang berkaitan dengan strategi memilih tanaman yang cocok dengan kesuburan tanah di Desa Pengabuan.

Lalu, pelatihan mengolah pupuk organik dari limbah rumah tangga, dan pelatihan mengenal dan mengolah obat herbal keluarga dari dr. Rianti Maharani, M.Si sebagai herbal medik. 

Menurut Hermalina, salah satu anggota kelompok mengatakan, bahwa pelatihan dan peningkatan kapasitas yang diberikan oleh Pertamina Adera Field, sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan.

"Tentunta wawasan kami tentang pertanian organik, ternyata sangat banyak tumbuhan-tumbuhan yang ada di desa kami dapat dijadikan sebagai obat herbal keluarga," ungkapnya. 

BACA JUGA:Pertamina EP Adera Field Berhasil Tambah Produksi Minyak 729 BOPD dari Sumur ABB 140

BACA JUGA:Giovanna Absen, Pertamina Enduro Babak Belur Dihajar Popsivo Polwan Straight Set

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: