Kakanwil Kemenkumham Sumsel Cek Progres Pembangunan Gedung Lapas Lubuklinggau

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Cek Progres Pembangunan Gedung Lapas Lubuklinggau

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, melakukan kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Kamis 2 Mei 2024.--

"Seperti atensi Bapak Kakanwil, pembangunan ini dilakukan dengan memerhatikan aspek-aspek kemanfaatan, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pegawai, warga binaan, dan penerima layanan," ujar Hamdi.

Selain meninjau bangunan Lapas, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan, Ilham Djaya, beserta rombongan juga meninjau fasilitas Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) di Lapas Lubuklinggau.

BACA JUGA:Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Terserang Stroke, Betharia Sonatha Didampingi Mantan Suami

BACA JUGA:GM Sumatera Ekspres Meninggal Dunia, Karangan Bunga Duka Cita Melebihi HUT Sumeks

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka untuk melihat langsung kondisi dan perkembangan SAE di Lapas Lubuklinggau.

SAE sendiri merupakan program pembinaan kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan agar mereka dapat kembali ke masyarakat dan hidup mandiri setelah bebas.

Dalam peninjauan tersebut, Kakanwil Ilham Jaya didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widianti, dan Kalapas Lubuklinggau, Hamdi Hasibuan. Mereka meninjau berbagai fasilitas SAE, seperti ruang workshop, ruang kelas, dan area pertanian.

Hamdi mengatakan bahwa saat ini Lapas Lubuklinggau bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau membuat kolam ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sara pembinaan bagi warga binaan.

BACA JUGA:Semua Siswa Asrama Dipulangkan, SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung Layangkan Izin ke Disdik Agar Belajar Online

BACA JUGA:Mantap! Segini Hadiah Juara Piala Asia AFF U-23, Suporter Timnas Indonesia U-23 Terbaik

Pada kesempatan tersebut turut dilakukan penebaran benih ikan yang dilakukan langsung oleh Kakanwil dan Kadivmin.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel berharap melalui SAE ini dapat meningkatkan skill warga binaan, khususnya dalam peternakan ikan, sehingga skill tersebut bisa diaplikasikan oleh warga binaan ketika mereka kembali ke masyarakat. 

“Semoga SAE ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai media pembinaan kemandirian warga binaan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan Warga sehingga nantinya dapat kembali bekerja sebagai anggota masyarakat yang mandiri, memiliki kreatifitas, tertib, dan bertanggung jawab,” tutup Ilham.

Turur hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, Kepala Bapas Muratara, Roby Fernandez, dan Kepala Lapas Surulangun Rawas, Torkis Freddy Siregar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: