CJH Asal Kabupaten OKI Masuki Tahapan Pembinaan Karom dan Karu

CJH Asal Kabupaten OKI Masuki Tahapan Pembinaan Karom dan Karu

CJH Asal Kabupaten OKI Masuki Tahapan Pembinaan Karom dan Karu. Foto :Niskiah/Sumeks.Co.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 akan dilaksanakan pada bulan Juni.  

Dimana saat ini untuk, bagi CJH asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan memasuki tahapan pembinaan Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu). 

Disampaikan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI, H Syarip SAg melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Drs H Mutawalli MPdi, untuk Kabupaten OKI pembinaan Karom dan Karu ini dijadwalkan pada 7 Mei 2024 ini. 

"Mengenai pembinaan Karom dan Karu sangat penting. Sama hal pentingnya dengan mengenai tata cara ibadah," ujar Mutawalli, kepada SUMEKS.CO, Selasa 30 April 2024.

BACA JUGA:Demi Menjaga Kesehatan Fisik Jemaah Haji, Kemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Hadiri Sedekah Haji Bersama Jemaah Haji Asal Tanjung Batu, Ini Pesannya!

Diungkapkan Mutawalli, untuk petugas Karom dan Karu ini juga memiliki porsi penting dalam penyelenggaraan ibadah haji. Karenanya, pembinaan Karu dan Karom merupakan salah satu agenda tetap.

Nantinya, dikatakan Mutawalli, untuk tugas Karom dan Karu adalah yakni membantu ketua kloter, Tim Pembimbing haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Idonesia (TPIHI), Tim Kesehatan haji Indonesia (TKHI) dan Tim Pembimbing Hji Daerah (TPHD).

"Tugas pokok dari Karu adalah meneruskan informasi dari Karom dan petugas kloter. Juga membantu, mengatur dan menjaga anggota regunya agar tetap utuh, tertib dan lancar," jelasnya. 

Dalam pelaksanaan ibadah haji nanti. Lalu untuk Karom adalah jamaah yang mengetuai rombongan dan tugas pokok dari Ketua Rombongan adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter (TPHI) yang menyertai jamaah calon haji dibidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan. 

BACA JUGA:Musim Haji Segera Tiba, Akun Medsos Ini Bagikan Tips Aman Agar Jemaah Tidak Tertipu di Kota Mekkah-Madinah

BACA JUGA:Permudah Jemaah Haji di Tanah Suci, Bank Muamalat Rilis Kartu Debit Nirsetuh

Diterangkan Mutawalli, adapun fungsi dari Ketua Rombongan adalah meneruskan Informasi atau Pengumuman dari Petugas Kloter (TPHI, TPIHI dan TKHI), mengatur, membantu dan menjaga anggota rombongannya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji.

Terpenting juga yaitu menyelesaikan dan melaporkan permasalahan pada ketua kloter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: