Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, UPTD Dukcapil Zona VIII Pindah Lokasi di Kantor Kecamatan Sako

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, UPTD Dukcapil Zona VIII Pindah Lokasi di Kantor Kecamatan Sako

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, UPTD Dukcapil Zona VIII Pindah Lokasi di Kantor Kecamatan Sako--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – UPTD Dukcapil Zona VIII Kecamatan Sako dan Sematang Borang telah pindah lokasi di Kantor Kecamatan Sako Palembang sejak 16 April 2024.

Hal itu dilakukan UPTD Dukcapil Zona VIII Kecamatan Sako dan Sematang Borang untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan mempermudah masyarakat mendapat pelayanan.

UPTD Dukcapil Zona VIII Kecamatan Sako dan Sematang Borang sebelumnya berlokasi di jalan Lematang Raya kelurahan Lebung Gajah Kecamatan Sematang Borang.

Kepala UPTD Dukcapil Zona VIII, Ibayanti menjelaskan bahwa pelayanan Dukcapil yang sebelumnya berada di jalan Lematang Raya sekarang berada di Kantor Kecamatan Sako Palembang.

BACA JUGA:Usai Cuti Lebaran, Ratu Dewa Sidak Kantor Disdukcapil dan Kecamatan Kemuning : Kedisiplinan Pegawai Cukup Baik

BACA JUGA:Intip Jam Layanan Disdukcapil Kota Palembang Selama Ramadan

"Perihal perpindahan kantor pelayanan UPTD Capil VIII telah diumumkan secara lisan kepada masyarakat, di kantor lama, dan melalui media sosial UPTD Dukcapil VIII pada hari Senin 22 April 2024," katanya kepada SUMEKS.CO pada Rabu 24 April 2024.

Bagi masyarakat kecamatan Sako dan Sematang Borang yang ingin mengurus administrasi kependudukan, kini dapat dilakukan di kantor kecamatan Sako.


UPTD Dukcapil Zona VIII Kecamatan Sako dan Sematang Borang telah pindah lokasi di Kantor Kecamatan Sako Palembang sejak 16 April 2024.--

"Jam pelayanan tetap dimulai pukul 08.00 WIB seperti biasa. Untuk mendapatkan pelayanan, masyarakat hanya perlu datang dan mengambil nomor antrian di loket nomor 1 pelayanan paten," tutupnya.

Camat Sako, Dr Amiruddin Sandy menyatakan dukungannya terhadap keberadaan UPTD Dukcapil Zona VIII di Kantor Kecamatan.

BACA JUGA:Warga Full Senyum, Ratu Dewa Bagikan 407 Sembako di Kecamatan Sako Palembang

BACA JUGA:Camat Sako Bina Ketua RT-RW, Sosialisasikan Program Pemkot Palembang

Dr Amiruddin Sandy menyambut baik langkah ini karena dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan tanpa harus bepergian jauh.

"Lokasi kecamatan Sako yang memiliki tempat yang bagus, parkir yang luas, dan mudah diakses oleh masyarakat juga menjadi nilai tambah. Dengan pemindahan UPTD Dukcapil Zona VIII ke kantor kecamatan Sako, diharapkan masyarakat akan merasa lebih nyaman dalam proses pengurusan administrasi kependudukan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya. Camat Sako Dr Amiruddin Sandy membina Ketua RT-RW se-Kecamatan Sako Palembang untuk mensosialisasikan RT-RW untuk mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot).

"Jadi kita terus melakukan pembinaan untuk Ketua RT RW di Kecamatan Sako Palembang. Termasuk kemarin juga menggelar Halal Bihalal untuk mempererat hubungan antara perangkat Kecamatan, Kelurahan, dan seluruh stakeholder. Sekaligus pembinaan untuk mereka yang bertujuan mensosialisasikan dan mengarahkan mendukung program Pemkot Palembang," katanya kepada SUMEKS.CO pada Selasa 23 April 2024 di Kantor Camat Sako.

BACA JUGA:Nah Loh! Oknum Ketua RT di Kecamatan Sako Dilaporkan Warga ke Polisi, Kasusnya?

BACA JUGA:Jelang Buka Puasa, IRT Dilindas Truk Tangki BBM hingga Meregang Nyawa di Jalan Sako

Dijelaskan Dr Amiruddin Sandy, Ketua RT-RW di Kecamatan Sako dibina untuk mendukung program Pemkot Palembang seperti mengutamakan kebersihan lingkungan dan juga gotong royong.

"Jadi saya sosialisasikan dan arahkan Ketua RT-RW untuk ajak warganya untuk membersihkan lingkungan dan gotong royong," jelasnya.

Menurut Dr Amiruddin Sandy, peran Ketua RT dan Ketua RW serta pengurus TP PKK sangat penting bagi Kecamatan dan Kelurahan.

"Tentunya dalam hal membantu menyukseskan program Pemkot Palembang seperti dapat membuat wajah Kota Palembang menjadi lebih baik sesuai dengan program yang dicanangkan Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa," ungkapnya.

BACA JUGA:Kelakuan Oknum Marbot Masjid di Sako Palembang Parah! Bikin Geram Warga Satu Kecamatan

BACA JUGA:Pemkot Palembang Respon Keluhan Warga Kecamatan Sako untuk Atasi Banjir

Oleh karena itu, Dr Amiruddin Sandy berharap Ketua RT-RW dapat menciptakan masyarakat yang unggul.

"Kami berharap para Bapak dan Ibu RT, RW, TP PKK, serta seluruh anggota dapat terus bekerja sama dengan baik untuk menciptakan masyarakat yang unggul," ucapnya.

Dalam hal pelayanan kepada masyarakat, Camat Sako menyadari bahwa staf di Kecamatan dan Kelurahan terkadang menghadapi keterbatasan.

Oleh karena itu, Kecamatan Sako telah menciptakan berbagai inovasi untuk mendukung kinerja staf dan jajaran.

BACA JUGA:Kelakuan Oknum Marbot Masjid di Sako Palembang Parah! Bikin Geram Warga Satu Kecamatan

BACA JUGA:Pemkot Palembang Respon Keluhan Warga Kecamatan Sako untuk Atasi Banjir

"Kami telah menerapkan inovasi bernama SILANCAR (Sistem Layanan Antar Cepat Administrasi Resmi), yang menyediakan layanan pengantaran dokumen yang telah selesai kepada masyarakat secara gratis. SILANCAR tidak memerlukan aplikasi khusus, tetapi dirancang untuk mempermudah masyarakat tanpa harus menunggu di kantor Camat jika mereka sibuk dengan hal lain," terangnya.

Kendati itu, Dr Amiruddin Sandy menyebutkan pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan aplikasi atau sistem ini dengan sederhana, dan yang lebih penting lagi adalah memastikan bahwa masyarakat merasa terbantu dengan layanan yang disediakan oleh Kecamatan Sako.

"Terdapat empat syarat agar layanan ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Pertama, gratis, sehingga masyarakat tidak perlu membayar. Kedua, berkasnya aman, sehingga saat dititipkan di tempat yang baru selesai, berkas tersebut tetap aman. Ketiga, aplikatif, yang berarti dapat digunakan dengan mudah. Dan yang terakhir, nyaman, sehingga masyarakat akan rela menggunakan layanan tersebut," tutupnya.

Diketahui, Kecamatan Sako menggelar Halal Bihalal pada Senin 22 April 2024 di Kantor Camat Sako.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Respon Keluhan Warga Kecamatan Sako untuk Atasi Banjir

BACA JUGA:Camat Sako Bina Ketua RT-RW, Sosialisasikan Program Pemkot Palembang

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Sako Dr Amiruddin Sandy, Sekcam Sako, Lurah se-kecamatan Sako, Ketua TP-PKK Kecamatan Sako, Shefriyanti, Ketua TP-PKK Kelurahan, Ustaz H Hari Madonna, Kapolsek Sako yang diwakili, Danramil Sako yang diwakili, Kepala UPTD Dukcapil Zona VIII Ibayanti SH, Ketua RT, Ketua RW, serta para anggota PKK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: