Pilgub Sumsel 2024 Diprediksi Bakal Lebih Sengit dari Pilpres! Kandidat Gubernur Mulai Bermunculan

Pilgub Sumsel 2024 Diprediksi Bakal Lebih Sengit dari Pilpres! Kandidat Gubernur Mulai Bermunculan

Kandidat kuat balongub Sumsel 2024--

SUMEKS.CO - Pengamat Politik Sumsel, Drs Bagindo Togar Butar Butar, berpendapat bahwa persaingan Pilgub Sumsel 2024 suasananya bakal bisa seperti pemilihan presiden.

Hal itu lantaran adanya tiga kandidat kuat dari total 7 bakal calon kandidat yang membuat Pilgub 2024 di Sumatera Selatan ini akan mulai memanas.

Diketahui kandidat kuat yang disebut akan maju yakni Mawardi-Harno, Herman Deru - Nanan, dan Heri Amalindo dan Popo Ali.

Mawardi Yahya misalnya, yang telah memilih Harnojoyo sebagai calon wakil gubernurnya, meski pasangan MAHAR ini belum resmi diusung parpol.

BACA JUGA:Janji Umumkan Sosok Wakil pada Pilgub Sumsel 2024, Herman Deru: Tunggu Habis Lebaran

BACA JUGA:Herman Deru dan Heri Amalindo Bukber, Sinyal Gabung Pilgub 2024 Kah?

Namun demikian, Eks Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023 itu setelah meninggalkan H Herman Deru adalah kandidat yang sangat kuat.

Mantan wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya mengaku siap maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) November 2024, bersama mantan Walikota Palembang Harnojoyo.

Pernyataan secara resmi keduanya niat untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumsel yang akan datang, dalam sebuah acara yang dihadiri 'Panglima Perang' mantan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman bersama sejumlah pendukung, di lapangan Golf Pertamina Palembang.

Keduanya, mengumumkan keputusan mereka untuk mencalonkan diri sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Kakak Beradik Dikabarkan Maju Pilgub, Pilkada 2024 di Sumsel Semakin Panas!

BACA JUGA:Mawardi Yahya dan Harnojoyo Maju Pilgub 2024, Begini Respon Partai Gerindra dan Demokrat

Setelah diumumkan pembentukan pasangan MAHAR pada Minggu, 10 Maret 2024 lalu, kandidat ini nyatanya berhasil membuat panas partai politik lain.

Dengan demikian pasangan petahana dipastikan berpisah. Pasangan itu adalah Herman Deru dan Mawardi Yahya, yang merupakan mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan.

Herman Deru juga sudah pasti akan maju lagi di Pilgub Sumsel 2024. Dan tentu saja bakal menjadi kandidat Balongub paling unggul.

Kemudian DPW PAN Sumsel contohnya, sudah menyiapkan 2 kader terbaiknya untuk Pilgub Sumsel 2024. Mantan Bupati OKI H Iskandar, dan mantan Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.

BACA JUGA:Bukan Pecah Kongsi! Ternyata ini Alasan Mawardi Yahya Yakin Gandeng Harnojoyo di Pilgub 2024

BACA JUGA:Sadar Kekuatan, Heri Amalindo Beri Respon Deklarasi Mawardi Yahya dan Harnojoyo di Pilgub Sumsel

Bahkan DPW PAN Sumsel sudah mempersiapkan  tagline “Joncik for Sumsel”. "Kami siapkan mantan Bupati Empat Lawang untuk naik kelas, bisa sebagai Sumsel 1 (gubernur) atau Sumsel 2 (wakil gubernur)," ungkap Ketua Bapillu PAN Sumsel Aziz Kamis, belum lama ini. 

Di luar itu, sudah ada muncul juga calon-calon lain yang sudah ‘ngegas’ jauh hari mempersiapkan diri untuk pilgub Sumsel 2024. Yakni, Bupati PALI H Heri Amalindo, dan mantan Wali Kota Prabumulih H Ridho Yahya.

Sementara DPD PDI Perjuangan Sumsel, DPD Partai Golkar Sumsel, serta DPW Partai NasDem Sumsel, belum memunculkan nama figurnya untuk Pilgub Sumsel 2023.

Masih menunggu hasil pemilu 2024 ini, serta survei internal maupun eksternal.

BACA JUGA:Intip Profil Harnojoyo Mantan Wali Kota Palembang yang Dipilih MY Berpasangan Maju Pilgub Sumsel

BACA JUGA:Berikan Kejutan, Pasangan Mawardi-Harnojoyo Bakal Maju Pilgub Sumsel 2024, Syahrial Oesman Ikut Mendukung

Dari beberapa nama yang sudah muncul ini, bagaimana kesiapan finansialnya menghadapi Pilgub 2024?

Gubernur Sumsel periode 2018-2023 H Herman Deru, masih memuncaki secara finansial dari para bakal calon gubernur ataupun wakil gubernur Sumsel yang bermunculan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: