Jadwal Haji 2024: Keberangkatan hingga Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Jadwal Haji 2024: Keberangkatan hingga Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Ilustrasi. Jadwal Perjalanan Haji (RPH). Dari keberangkatan hingga kepulangan jemaah haji Indonesia. --

SUMEKS.CO - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) di bawah naungan Kementerian Agama RI telah merilis Rencana Jadwal Perjalanan Haji (RPH) Indonesia tahun 2024.

Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi mengumumkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445 H / 2024 M, dengan kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan untuk berangkat pada 12 Mei 2024. 

Berikut jadwal perjalanan haji, termasuk jadwal keberangkatan, prosesi ibadah, hingga kepulangan para jemaah haji Indonesia yang telah dirilis Kemenag RI.

Pada tahun 2024 ini, Indonesia akan memberangkatkan 241 ribu jemaah haji. Sebagai langkah persiapan, calon jemaah haji akan dijadwalkan masuk ke asrama haji satu hari sebelum keberangkatan, seperti tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Panduan Singkat dan Tepat Bikin Akun SSCASN CPNS 2024, Dijamin Anti Gagal

BACA JUGA:Kuota Haji 2024 Masih Tersisa, Peluang Berangkat ke Tanah Suci Masih Terbuka

Perjalanan ibadah haji tidak hanya merupakan perjalanan momen spritual namun juga melibatkan perencanaan yang matang sehingga ibadah haji dapat terlaksanakan dengan baik dan lancar. 

Secara umum, pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia dibagi menjadi dua gelombang, Jemaah Haji gelombang pertama akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12 hingga 23 Mei 2024.

Untuk Jemaah Haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari Indonesia menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei hingga 1 Juni 2024.

Tahun ini Indonesia rencananya akan memberangkatkan 241 ribu Jemaah Haji. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jemaah Haji akan masuk ke asrama sehari sebelum jadwal pemberangkatan dilaksanakan.

BACA JUGA:Jemaah Haji 2024, Mitigasi Jemaah Lansia dan Lansia Jadi Fokus Kemenag RI

BACA JUGA:Gunung Ruang di Sulut Meletus, Hingga Berpotensi Tsunami, Warga Terpaksa Diungsikan

 Berikut rincian Rencana Perjalanan Haji 1445 H/2024 M:

1. Tanggal 03 Dzulqa’idah 1445 / 11 Mei 2024, Jemaah Haji masuk Asrama Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: