Lahir Tahun 1946, Vespa Skuter Legendaris Italia: Dari Ide Pasca Perang Menuju Ikon Pop Dunia

Lahir Tahun 1946, Vespa Skuter Legendaris Italia: Dari Ide Pasca Perang Menuju Ikon Pop Dunia

Lahir Tahun 1946, Vespa Skuter Legendaris Italia: Dari Ide Pasca Perang Menuju Ikon Pop Dunia--

Bahkan, nama "Vespa" sendiri tercetus dari Enrico yang kala itu melihat kemiripan desain skuter dengan seekor tawon ("vespa" dalam bahasa Italia). Julukan ini pun dengan cepat disetujui dan melekat hingga sekarang. 

Kehadiran Vespa bak angin segar bagi Italia. Dalam 10 tahun pertama, skuter mungil ini terjual hingga 1 juta unit! Bandingkan dengan penjualan di seluruh dunia yang mencapai 4 juta unit di tahun 1960.

BACA JUGA:Salut! Bikers Nekat Solo Ride Pakai Vespa, Start Dari Sumatra ke Tanah Suci Mekkah

BACA JUGA:Pemain Vespa Wajib Tahu Setting Platina Bro! Ini Caranya, Sekali Coba Langsung Jos

Menariknya, D'Ascanio awalnya sempat menolak tawaran Piaggio. Alasannya? D'Ascanio tak begitu menyukai motor yang dianggapnya besar, kotor, dan tak bisa diandalkan. D'Ascanio lebih tertarik mendesain mobil. 

Selain itu, saat bersamaan, D'Ascanio juga tengah didekati oleh Ferdinando Innocenti untuk mendesain skuter lain. Namun, Piaggio berhasil memenangkan hati D'Ascanio, dan sisanya adalah sejarah.

Tak disangka, Innocenti yang ditolak Piaggio kemudian menciptakan Lambretta, salah satu skuter legendaris yang kerap menjadi rival Vespa di film-film. 

Meski begitu, penjualan Vespa terbilang fantastis. Di tahun kedua produksinya saja, Vespa sudah terjual 10.000 unit. 

BACA JUGA:Wow! Segini Buruknya Jika Vespa Klasik Ganti Lantai, Sebaiknya Lakukan Cara Ini

BACA JUGA:Siapkan Amunisimu! Vespa Makin Melawan, Bakal Hadirkan Versi Anti Minum Bensin

Puncaknya terjadi di tahun 1952 ketika film "Roman Holiday" menampilkan Audrey Hepburn dan Gregory Peck berboncengan mesra di atas Vespa. 

Penjualan pun meledak menjadi 100.000 unit, dari sebelumnya 60.000 unit di tahun sebelumnya.

Impian D'Ascanio untuk mendesain mobil akhirnya terwujud di tahun 1957 lewat Vespa 400. Mobil mungil bermesin 2-tak 393cc ini lahir sebagai jawaban atas tren mobil mungil "bubble car" yang tengah digandrungi kala itu. 

Sayangnya, Vespa 400 kurang beruntung. Produksinya terhenti setelah 30.000 unit terjual, tersingkir oleh kehadiran Mini Cooper di tahun 1959. Meski begitu, nama Vespa tetap harum sebagai pelopor skuter modern yang tak lekang oleh waktu.

BACA JUGA:Patahkan Mitos! Vespa Tua Ini Melaju Seperti Roket, 10 Jam Tanpa Henti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: