Arus Balik Mudik Simpang Belimbing Mulai Ramai

Arus Balik Mudik Simpang Belimbing Mulai Ramai

ATUR LALIN : Tampak petugas kepolisian sedang mengatur Lalu Lintas di pintu perlintasan KA Belimbing, Kabupaten Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Memasuki H+3 pasca lebaran Idul Fitri 1445 H, kendaraan yang melintasi jalan raya lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Muara Enim terurama di lokasi rawan kemacetan mulai terlihat ramai.

Namun masih lancar terutama di salah satu pos pelayanan yang langanan kemacetan di Pos Pelayanan Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Jum'at 12 April 2024.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra SH SIK MSI melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang, mengatakan bahwa pada saat ini arus lalu lintas terurama di Pos Pelayanan Cinta Kasih yang sering terjadi kemacetan mulai padat. Kendaraan mobil pribadi berplat luar Sumsel dominan dalam arus balik ini. 

Meskipun demikian, titik positif yang bisa dicatat adalah arus lalu lintas masih dalam keadaan aman dan lancar.

BACA JUGA:Netta Kunjungi Kediaman Askolani, Ada Apa?

BACA JUGA:Penyapu Jalan Ramaikan Halal Bihalal di Kediaman Pribadi Gubernur Sumsel 2018-2023 Herman Deru

Hal ini tidak terlepas atas kepatuhan para pengguna jalan untuk selalu mengantri dan tidak saling serobot sehingga memudahkan dalam penguraian jika terjadi kemacetan lalulintas.

Untuk itu, lanjutnya, mengajak semua pengguna jalan, untuk bersama-sama bisa memainkan peran penting dalam mengoptimalkan situasi arus lalu lintas selama mudik lebaran.

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas, melengkapi kelengkapan kendaraan dan surat-surat penting, serta mematuhi aturan yang berlaku saat berkendara menjadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir risiko kemacetan.

"Kita sudah mengantisipasi sedini mungkin dengan PT KAI selain ada petugasnya, juga jika ada kemacetan terutama di perlintasan KA, maka PT KAI akan memberikan rentang waktu kelonggaran lebih lama untuk tidak menutup pintu KA sehingga kendaraan bisa melintasi rel KA lebih lama lagi," jelasnya.

BACA JUGA:Bukan Hanya Freeport! Negara Besar Ini Turut Bersaing Demi Dapatkan Emas Murni 1 Juta Ton di Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Angkut 40.202 Penumpang Selama 13 Hari Angkutan Lebaran: Okupansi Tembus 135%!

Sementara itu, menurut salah satu pemudik Ahmad Fuadi (38) warga Bengkulu bahwa pihaknya merasa terbantu dengan adanya petugas yang menjaga di setiap pintu perlintasan KA terutama di perlintasan Belimbing karena sering menjadi langganan kemacetan. 

Minta kepada pihak terkait terutama PT KAI berikan kesempatan kepada pemudik dahulu sebab ini cuma setahun sekali. "Kalau tidak ada petugas biasanya saling serobot, itu malah membuat kemacetan lebih lama. Kalau ada petugas meski macet tetapi tetap teratur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: