Laksanakan Salat Idul Fitri 1445 H, Ratusan Jemaah Padati Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Palembang

Laksanakan Salat Idul Fitri 1445 H, Ratusan Jemaah Padati Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Palembang

Ratusan jemaah masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Jakabaring, melaksanakan ibadah salat Idul Fitri 1445 H-Foto: Fadly/Sumeks.co-

BACA JUGA:PLN UID S2B Pastikan Pasokan Listrik Aman selama Lebaran

Masjid Cheng Ho Palembang dibangun di atas tanah seluas 4.990 meter persegi, dan tanah tersebut merupakan hibah dari Syarial Oesman yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Sumatra Selatan.

Secara keseluruhan bangunan masjid ini mampu menampung sekitar 500 jamaah.

Suasana di dalam masjid terasa sejuk dan nyaman, jendela-jendelanya juga lebar dengan rooster di bagian atasnya, sehingga membuat sirkulasi udara begitu bebas masuk dan keluar ke ruang salat.

Masjid ini juga dilengkapi dengan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) untuk anak-anak belajar mengaji secara gratis, kantor Dewan Kemakmuran Masjid, perpustakaan, serta ruang serbaguna.

BACA JUGA:Salat Ied Idul Fitri 2024, Masjid Agung SMB Jayo Wikramo Palembang Diprediksi Bakal Diisi Hingga 20.000 Jemaah

BACA JUGA:Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Jakabaring, Siap Tampung 500 Jemaah Salat Ied Besok

Dari segi arsitektur, Masjid Cheng Ho Palembang ini terlihat begitu mencolok dengan bangunan utama yang didominasi warna merah jambu dengan pilar-pilar berwarna merah. 

Atapnya terdapat kubah berwarna hijau dengan bulan sabit dan bintang layaknya masjid-masjid di Timur Tengah. 

Sementara, di keempat sudut bangunan terdapat atap berbentuk limas, salah satu bentuk rumah adat di Palembang dan berwarna hijau.

Masjid ini juga dilengkapi dua menara serupa pagoda berwana merah muda, yang masing-masing menaranya diberi nama Habluminallah (hubungan manusia dengan Allah) dan Hambluminannas  (hubungan manusia dengan sesama manusia).

BACA JUGA:Salat Idulfitri 1445 Hijriah Pemkab Ogan Ilir, Bupati dan Wabup Salat Id di Masjid yang Berbeda

BACA JUGA:Ingin Warganya Khusyuk Salat Ied Besok, Ratu Dewa Rela Turun Bersihkan Bundaran Air Mancur & Trotoar Ampera

Kedua menara itu punya lima tingkat yang melambangkan shalat lima waktu dalam sehari. 

Tinggi menara mencapai 17 meter yang mana merupakan simbol dari jumlah rakaat yang harus dikerjakan setiap Muslim dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: