Konsultasi Gigi Saat Momen Libur Lebaran, Layanan Teledentristy Jadi Solusi Tepat

Konsultasi Gigi Saat Momen Libur Lebaran, Layanan Teledentristy Jadi Solusi Tepat

Pentingnya perawatan gigi dan mulut sebagai bagian dari persiapan lebaran ditekankan oleh drg. Gagah Daru Setiawan, MM., Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, agar ketika saatnya tiba, masy--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi mudik dan merayakan Hari Raya di kampung halaman menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.

Meski demikian pentingnya perawatan gigi dan mulut sebagai bagian dari persiapan lebaran ditekankan oleh drg. Gagah Daru Setiawan, MM., Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, agar ketika saatnya tiba, masyarakat Indonesia bisa tampil lebih sehat dan prima.

Pada saat merayakan Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya dihadapkan dengan hidangan makanan dan minuman yang bervariasi yang mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak.

Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, maka dari itu penting untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mencegah penumpukan lemak dan plak pada gigi dengan cara menyikat gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi profesional.

BACA JUGA:Salat Ied Idul Fitri 2024, Masjid Agung SMB Jayo Wikramo Palembang Diprediksi Bakal Diisi Hingga 20.000 Jemaah

BACA JUGA:7 Hidangan Tradisional yang Mulai Langka Disajikan Pada Hari Lebaran

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi. Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, serta  menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika kita makan. Apabila ada keluhan, segera konsultasi maupun periksa ke dokter gigi profesional," ungkap drg. Gagah.

“Tak lupa, masyarakat juga perlu minum air putih 8 gelas setara dengan 2 liter per hari atau minum teh hijau maupun hitam agar tubuh tidak terhidrasi. Hal ini efektif mencegah peradangan pada gusi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum,” lanjut drg. Gagah.

Terkait dengan mudik, drg. Gagah juga memberikan saran agar tetap menjaga kondisi tubuh secara utuh, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan, agar tubuh tidak ‘kaget,’ mengingat perjalanan mudik butuh waktu relatif lebih panjang dibanding aktivitas perjalanan rutin sehari-hari.

Menurut drg. Gagah, kesehatan tubuh secara umum perlu lebih dijaga, karena butuh asupan sehat yakni buah-buahan kaya serat dan mengandung vitamin C.

BACA JUGA:Kabupaten/Kota yang Akan Jadi Daerah Pemekaran di Provinsi Bengkulu, Simpan Emas Murni 1 Juta Ton? Benarkah?

BACA JUGA:Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Jakabaring, Siap Tampung 500 Jemaah Salat Ied Besok

Tujuannya menambah kesegaran tubuh, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mudik sampai nanti di hari raya Idul Fitri.

“Kandungan vitamin D dalam susu menjadikan ggi dan tulang menjadi kuat. Selain itu di dalam susu juga terkandung protein seperti biji-bijian dan kacang-kacangan,” papar drg. Gagah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: