Tradisi Warga Tanjung Batu Ogan Ilir Jelang Lebaran, Bikin Kue Basah Gunakan Belanga Tanah Liat

Tradisi Warga Tanjung Batu Ogan Ilir Jelang Lebaran, Bikin Kue Basah Gunakan Belanga Tanah Liat

Salah seorang warga Desa Tanjung Pinang 1 Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, sedang membuat kue lebaran dengan menggunakan belanga tanah liat dan pengocokan tradisional pada H-2 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Menjelang Lebaran, sebagian besar masyarakat di Kecamatan Tanjung Batu dan sekitarnya di Kabupaten Ogan Ilir, mempunyai tradisi turun temurun

Tradisi turun temurun menjelang Lebaran itu adalah, membuat kue basah dengan cara yang berbeda dari masyarakat daerah lain di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. 

Sebagian besar masyarakat di Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir misalnya, membuat kue basah dengan menggunakan belanga tanah liat

Menurut Fadilah, warga Desa Tanjung Pinang 1 Kecamatan Tanjung Batu mengatakan, setiap Lebaran, dirinya selalu membuat kue basah dengan menggunakan belanga tanah liat. 

"Memang sudah menjadi tradisi, kalau mau Lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha, pasti bikin kue menggunakan perendangan (belanga tanah liat, red)," ujarnya, Senin, 8 April 2024.

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Dampingi Mawardi Yahya Safari Ramadan di Masjid Al-Falah Tanjung Batu

BACA JUGA:Bravo Pak Polisi! DPO Begal Bersajam di Kecamatan Payaraman, Akhirnya Diamankan Polsek Tanjung Batu

Biasanya, menjelang Lebaran Idul Fitri, warga Kecamatan Tanjung Batu mulai ramai membuat kue basah dimulai pada H-3 Lebaran. Namun, kalau Lebaran Idul Adha biasanya dilakukan pada H-1 Lebaran. 

"Sebenarnya pembuatan kue tergantung dengan kue yang akan dibikin. Kalau kue yang dibikin berisiko cepat basi, maka pembuatannya dilakukan pada H-1 Lebaran," paparnya. 

Ditambahkan Fadilah, pembuatan kue basah dengan menggunakan perendangan atau belanga tanah liat ini, memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan membuat kue menggunakan oven. 

"Kalau pakai perendangan ini wanginya itu berbeda dengan menggunakan oven," sebutnya.

Meskipun membuat kue dengan belanga tanah liat sedikit lebih susah, namun kata Fadilah, hasil yang didapat akan lebih puas dengan membuat kue menggunakan oven. 

BACA JUGA:Tim Gabungan Polres Ogan Ilir dan Polsek Tanjung Batu Berhasil Ciduk Pelaku Begal Bersajam

BACA JUGA:Camat Tanjung Batu Jabat Pjs Kades Tanjung Pinang 2, SK Diserahkan Wabup Ogan Ilir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: