Jam Tangan Seiko Prospex GMT SPB381, Mengingatkan Pada Sejarah Abadi Seiko

Jam Tangan Seiko Prospex GMT SPB381, Mengingatkan Pada Sejarah Abadi Seiko

Secara resmi jam tangan ini diberi nama Seiko Prospex 1968 Diver's Modern RE-Interpretation GMT, SPB381.--

SUMEKS.CO - Jam tangan Seiko Prospex GMT SPB381 terinspirasi dari sejarah abadi Seiko yang sangat dicintai dengan jam tangan selam mereka pada tahun 1968.

Namun Seiko mengambil formula tersebut selangkah lebih maju dari model sejarahnya dengan melengkapi teknis mesin jam baru dengan jarum 24 jam yang dapat dengan mudah melacak zona waktu kedua.

Itulah mengapa secara resmi jam tangan ini diberi nama Seiko Prospex 1968 Diver's Modern RE-Interpretation GMT, SPB381, bersama dengan dial hitam SPB383 dan SPB385 edisi terbatas dengan dial biru muda.

Jika ditinjau secara desain, jam tangan Seiko SPB381 ini hadir dalam ukuran diameter 42 mm, tebal 13,3mm, dan lug to lug 48,1mm dan dipasangkan dengan strap baja.

BACA JUGA: Jam Tangan Tuna Seiko Prospex SRPF81K1, Daya Tariknya Tak Terbantahkan

BACA JUGA:Seiko Sharp Edged SPB417 Jam dengan Open Heart & Subdial 24-Jam yang Sangat Mewah

Baik casing maupun strapnya memiliki perawatan "Super Keras" khas Seiko untuk anti gores.

Jam tangan Seiko Prospek GMT SPB381 ini memiliki kristal safir anti-reflektif, sementara bagian belakang casing ditutup dengan penutup baja.

Terdapat juga lugs yang dibor, memiliki ketahanan air hingga kedalaman 200 meter, dan terdapat sisipan bezel keramik untuk pengukuran waktu saat menyelam.

Jam tangan Seiko Prospek GMT SPB381 ini memilih jalur warna hijau dengan sedikit penggunaan aksen emas.

BACA JUGA:Jam Dinding Seiko QXA791JLH dan Seiko QXA791KLH Instrumen Dekorasi Fungsional yang Mempercantik Ruangan

BACA JUGA:Jam Tangan SBGJ273 Yuka-Momiji Hi-Beat GMT Hadir dengan Dial Merah yang Sangat Langka Pada Grand Seiko

Lebih rincinya dial jam SPB381 ini berwarna hijau kaya, hampir metalik dengan sentuhan akhir sunburst.

Sebaliknya, sisipan bezel keramik menampilkan warna hijau dengan campuran lebih banyak warna coklat-kuning.

Dalam cahaya terang, kedua warna hijau tersebut mudah dibedakan, namun warnanya menjadi lebih mendekati hijau tua (atau bahkan hitam) dalam skenario yang lebih gelap.

Selain itu juga terdapat indeks logam putih dan jarum penunjuk yang serasi, sedangkan aksen emas menonjolkan fungsionalitas GMT pada jam tangan, dengan teks "GMT".

BACA JUGA:Seiko Prospex SPB381, Jam Tangan dengan Perpaduan Antara Estetika, Fungsionalitas dan Daya Tahan

BACA JUGA:Koleksi Jam Tangan Seiko 5 Sports yang Terinspirasi dari Anime Naruto dan Boruto Edisi Terbatas

Pada dial jam dan jarum penunjuk 24 jam diberi lapisan emas kuning. Jarum penunjuk 24 jam menunjuk ke skala 24 jam tetap pada rehaut yang mengelilingi dial jam.

Terakhir, ada jendela tanggal pukul 04.30 yang menggunakan teks berwarna putih dengan latar belakang hitam.

Namun sedikit informasi sebagai pertimbangan, jam tangan dengan dial jam hijau ini bukanlah series terbaiknya, untuk dial dan bezel jam hitam pada SPB383 yang lebih monokromatik mungkin akan jauh lebih elegan.

Memang warnah hitam barangkali terlalu basic dan membosankan, tapi diantara ketiga series GMT ini, dial hitam cukup mudah untuk membuat seseorang jatuh hati padanya.

BACA JUGA:Seiko 5 Sports GMT Field Street Telah Memperlihatkan Jam Tangan Bergaya Sporty untuk Treveler

BACA JUGA:Grand Seiko Merayakan Ulang Tahun ke-20 Mesin 9R dengan Merilis SBGE305 'Hotaka Summer'

Namun demikian, bukan berarti jam tangan Seiko Prospek GMT SPB381 dengan dial berwarna hijau adalah pilihan yang buruk, ini hanya berdasarkan selera pribadi saja yang tentunya sangat subjektif.

Di dalam jam tangan SPB381, Kolektor akan menemukan mesin jam 6R54 baru Seiko, yang saat ini hanya ditawarkan di trio penyelam Prospex ini.

Mesin jam ini merupakan mesin otomatis dengan kecepatan 21.600 vph dan menawarkan kemampuan hacking dan hand-winding serta cadangan daya selay 72 jam yang mengesankan.

Ini adalah mesin jam GMT mekanis pertama yang dipasang pada jam tangan selam Propex, dan fungsi pergerakannya menggunakan jarum jam 24 jam yang diatur secara independen.

BACA JUGA:Jam Tangan Seiko Astron Morning Star GPS Solar SSH145 dan SSJ021 Hadir untuk Merayakan Cahaya Pagi

BACA JUGA:Grand Seiko 44GS Hi-Beat 36000 SBGH345 Terinspirasi Matahari Pagi yang Jatuh Di Gunung Iwate

Hal ini membuat jam tangan SPB381 ini dinilai sangat berguna untuk melacak zona waktu lain dari rumah tetapi kurang berguna untuk bepergian dan harus menyesuaikan jam tangan ke zona waktu lokal yang baru.

Untuk setting 6R54, jarum penunjuk 24 jam disetel menggunakan posisi kenop pertama (tarik keluar satu klik). Putar salah satu arah untuk memajukan tanggal, dan putar arah lainnya untuk memajukan jarum GMT.

Meskipun jam tangan SPB381 ini tidak diatur seperti jam tangan GMT sebenarnya (jam dengan bezel 24 jam), Kolektor tetap dapat dengan mudah melacak zona waktu kedua, dan kombinasi jam tangan selam dan fungsi zona waktu kedua adalah jam tangan yang lengkap dan sempurna.

Kemudian jika ditinjau dari angel tata letak, sebagai jam tangan olahraga sehari-hari, jam tangan ini akan terlihat sangat kompleks dan mewah.

BACA JUGA:Abang Pilih yang Mana, Merah Muda atau Hijau Muda? Keindahan Grand Seiko SBGH341 dan SBGH343

BACA JUGA:Studio Ghibli Menginspirasi Seiko Presage SPB437 Melalui Film Nausicaa Of The Valley Of The Wind

Kolektor pasti akan sangat menyukai format dive-GMT dengan Bremont S302 sehingga tidak sulit untuk memutuskan agar membelinya sebagai salah satu koleksi terbaru.

Dan memang, sangat mudah untuk menyukai Seiko yang tampan dan jauh lebih murah seperti ini.

Bagi Kolektor yang mengkhawatirkan keakuratan pergerakan Seiko, 6R54 memiliki rating -15 hingga +25 detik sehari.

Sedangkan untuk titik sentuh, kenopnya luar biasa, terasa kuat saat digunakan, dan menampilkan penjahitan yang percaya diri.

BACA JUGA:Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 Hadir Untuk Menghormati Pendaki Gunung Paling Dihormati di Jepang

BACA JUGA:Keindahan Dial Bergaya Keramik Pada Seiko Presage Arita Porcelain Limited Edition SPB171

Bezelnya ringan dan hampir senyap, dengan aksi 120 klik yang mulus dan tidak terlihat slop namun dapat memanfaatkan klik yang lebih berat (atau lebih positif).

Lalu untuk strap, merek membuatnya dari material baja padat yang disikat sepenuhnya dengan sambungan ujung yang kokoh dan gesper pengaman yang dapat dilipat.

Gespernya memiliki empat titik penyesuaian mikro dan perpanjangan pakaian selam yang dapat dilipat.

Secara keseluruhan, itu adalah satu unit gelang Seiko yang dibuat dengan baik dan dapat dipakai sepenuhnya, tetapi yang perlu perhatikan bahwa tautannya ke format pin-dan-kerah, jadi ukurannya sedikit lebih rumit daripada jika Seiko memilih sekrup satu sisi.

BACA JUGA: Mengungkapkan Ekspresi Seni Jepang yang Kuat Melalui Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB417

BACA JUGA:Grand Seiko 62GS Hi-Beat SBGH317 Hadir dengan Dial Ungu, Eksklusif Hanya di Kota Ginza 2024

Kemudian untuk keterbacaan, tidak usah diragukan lagi karena memiliki skor yang sangat baik entah itu siang atau pun malam hari. Indeks pada dialnya telah dilapisi lume yang sangat terang dan tahan lama.

Jam tangan Seiko SPB381 ini memiliki harga terjangkau untuk segmen tersebut dan tidak kekurangan spesifikasi komparatif.

Seiko membuat argumen yang kuat agar tidak mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk jam tangan selam yang dibuat dengan baik, berspesifikasi bagus, dan dengan fungsi GMT.

Jika Anda menyukai tampilan, ukuran, dan fungsionalitas Seiko ini, SPB381 adalah pilihan luar biasa yang menawarkan persaingan yang solid untuk model-GMT lainnya pada titik harganya sendiri dan seterusnya.

BACA JUGA:King Seiko SJE095 Hadir Sangat Indah dengan Desain Bunga Krisan Pada Dial

BACA JUGA:Seiko Prospex King Turtle Black Series SRPK43 segera Hadir Febuari 2024, Intip Spesifikasinya?

Harga jam tangan Jam tangan Seiko Prospek GMT SPB381 berada dalam kisaran harga Rp 1500 dolar atau setara dengan Rp23 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: