Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pembinaan Kerohanian Napi

Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pembinaan Kerohanian Napi

Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pembinaan Kerohanian Napi.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Program pembinaan kerohanian bagi narapidana di Sumatera Selatan memang ditingkatkan selama bulan Ramadan.

Hal ini bertujuan untuk membantu mereka dalam meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta memberikan mereka kesempatan untuk merenungkan diri dan memperbaiki diri.

"Untuk meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana dilakukan Safari Ramadhan dan pesantren kilat di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan)," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya, di Palembang, Selasa

Selain itu, menurut Ilham, di lapas dan rutan juga digelar ceramah agama Islam dan tadarusan selepas shalat tarawih.

BACA JUGA:Gerakan Adhayaksa Peduli Anak Umang, 3.550 Anak di Kabupaten OKI Mendapatkan KIA

BACA JUGA:Manga Jujutsu Kaisen Volume 26: Isyaratkan Tentang Kebangkitan Satoru Gojo

Untuk memotivasi narapidana meningkatkan kemampuan membaca Al Quran, pihaknya juga menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ramadhan.

"Warga binaan pemasyarakatan yang menang lomba atau dinilai memiliki kemampuan membaca Al Quran terbaik akan diikutkan ke MTQ tingkat nasional memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 pada April 2024," kata Ilham.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bambang Haryanto menambahkan bahwa kegiatan Safari Ramadhan diselenggarakan secara bergantian di beberapa UPT di Sumsel.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan yang mengimbau lapas/rutan untuk lebih meningkatkan pembinaan kerohanian," ujarnya.

BACA JUGA:Manga Jujutsu Kaisen Volume 26: Isyaratkan Tentang Kebangkitan Satoru Gojo

BACA JUGA:Mulai Hari Ini 2 April 2024 Mulai Terapkan Integrasi Tarif 3 Ruas Tol di Sumut

Kegiatan Safari Ramadhan bertujuan menjalin silaturahim antara seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel dan narapidana/WBP, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Bulan Ramadhan ini merupakan bulan penuh berkah, setiap perbuatan baik pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak ibadah, sedekah, dan berdoa mengharapkan keberkahan Sang Pencipta,," ujar Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: