Operasi Ketupat Musi 2024, Kapolda Sumsel: Antisipasi Perlintasan Kereta Api Titik Utama Kemacetan

Operasi Ketupat Musi 2024, Kapolda Sumsel: Antisipasi Perlintasan Kereta Api Titik Utama Kemacetan

Polda Sumsel dalam waktu dekat menggelar Operasi Ketupat Musi 2024 musim Lebaran tahun ini. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Polda Sumsel dalam waktu dekat menggelar Operasi Ketupat Musi 2024 musim Lebaran tahun ini.

Operasi Ketupat Musi 2024 yang diawali dengan rapat koordinasi lintas sektoral di Mapolda Sumsel yang dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo Sik.

Kapolda Sumsel mengatakan pihaknya bersama seluruh stake holder menggelar Operasi Ketupat dalam rangka memberikan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Menciptakan rasa aman nyaman tertib dan lancar dalam berlalu lintas dimasyarakat khususnya pelaksanaan ibadah perayaan Hari Raya Idulfitri melalui berbagai kegiatan kepolisian.

BACA JUGA:Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Selama Operasi Ketupat Musi 2023 di Wilayah Polda Sumsel Meningkat

BACA JUGA:Deteksi Tingkat Stres dan Kejenuhan Petugas Ops Ketupat Musi Polda Sumsel dengan Aplikasi e-BOSS

“Polri tidak mungkin bisa melaksanakan tugas ini secara maksimal tanpa adanya kerja sama yang baik bersama seluruh stake holder yang ada. Kami sangat mengharapkan sinergitas dan kerja sama dinas instansi terkait,” ujarnya.

Kapolda Sumsel menilai, permasalahan utama yang dihadapai saat musim lebaran adalah soal kemacetan lalulintas di samping gangguan lain berkaitan dengan kondisi alam seperti banjir dan longsor.


Operasi Ketupat Musi 2024 yang diawali dengan rapat koordinasi lintas sektoral di Mapolda Sumsel yang dipimpin Kapolda Sumsel. Foto: dokumen/sumeks.co--

“Permasalahan kemacetan yang dialami diwilayah Sumsel ini utamanya terkait dengan intensitas diperlintasan kereta api. Kita ketahui bersama bahwa aktifitas perjalanan kereta api bisa mencapai 18 kali setiap hari. Dengan panjangnya rangkaian kereta api, memerlukan setidaknya waktu 4 sampai 5 menit untuk melintas," terang Kapolda. 

Kemudian untuk proses terurainya kembali perjalanan kendaraan, membutuhkan waktu antara 20 sampai 30 menit. 

BACA JUGA:Polda Sumsel Standby On Call Selama Monitoring Operasi Ketupat Musi 2023

BACA JUGA:Pengamanan Operasi Ketupat Musi 2023 Ekstra Ketat, Polda Sumsel Terjunkan Ribuan Personel

"Ini perlu kita sadari bersama. Sehingga kami himbau masyarakat pengguna jalan agar tidak mengambil jalur kanan. Karena ini akan berakibat fatal, yakni timbulnya kemacetan yang parah,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: