12 Persen Jalan di Palembang Rusak, Pemkot Akan Perbaiki Usai Lebaran Idulfitri 2024

12 Persen Jalan di Palembang Rusak, Pemkot Akan Perbaiki Usai Lebaran Idulfitri 2024

12 Persen Jalan di Palembang Rusak, Pemkot Akan Perbaiki Usai Lebaran Idulfitri 2024--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 12 persen jalan di Kota Palembang masih mengalami kerusakan, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) akan melakulan perbaikan usai Lebaran Idulfitri 2024.

Mengenai kerusakan jalan di Palembang masih 12 persen tersebut diungkapkan Kepala Dinas PUPR Palembang, Ahmad Bastari kepada awak media pada Senin 25 Maret 2024.

"Saat ini terdapat 88 persen kondisi jalan di Palembang sudah diperbaiki, namun sisanya sekitar 12 persen lagi masih mengalami kerusakan. Kita berencana memperbaiki April mendatang usai Lebaran Idulfitri 2024," ungkapnya.

Dijelaskan Ahmad Bastari bahwa perbaikan jalan rusak akan dilakukan secara merata di 18 Kecamatan Palembang, dengan fokus utama pada jalan-jalan yang mengarah ke pusat bisnis, perkantoran, dan pemukiman.

BACA JUGA:Sinergi Pemkot Palembang Bersama Pemprov Sumsel Perbaiki 150 Meter Jalan Sultan M Mansyur

BACA JUGA:Masha Allah! TPP ASN Eselon II Pemkot Palembang Dipotong Untuk Zakat Mal, Ratu Dewa Bayar Rp50 Juta

“Penentuan jalan yang akan diperbaiki masih dalam proses penyusunan, tetapi yang pasti, perbaikan akan dilakukan secara merata di semua kecamatan," jelasnya.

Kendati itu, Ahmad Bastari menyebutkan anggaran total yang akan digunakan untuk perbaikan jalan rusak ini mencapai Rp100 miliar.


Ratu Dewa meninjau kerusakan jalan dan mendengar aspirasi masyarakat--

"Totalnya Rp100 miliar untuk perbaikan, namun ada Rp30 miliar berasal dari insentif pusat untuk memperbaiki jalan rusak bekas galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur," tutupnya.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa menyoroti kebutuhan mendesak akan perbaikan jalan rusak yang kerap menjadi keluhan warga, dan memerintahkan Dinas PUPR untuk segera mengambil tindakan.

BACA JUGA:Jamin Non PNSD Pemkot Palembang Dapat THR Tahun Ini, Ratu Dewa: Namanya Uang Jasa

BACA JUGA:Full Senyum! ASN dan PPPK Pemkot Palembang Terima THR 2024 Sebulan Gaji Plus Tunjangan dan TPP, Kapan Cair?

"Bahwa jika menunggu anggaran tahunan untuk perbaikan permanen memakan waktu terlalu lama, maka anggaran pemeliharaan dapat dimanfaatkan agar keluhan masyarakat tidak diabaikan," tegasnya.

Kendati itu, Ratu Dewa juga menekankan signifikansi peran kepala dinas dan lembaga terkait dalam memonitor aspirasi serta keluhan masyarakat, termasuk melalui media sosial.

"Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap keluhan masyarakat diberikan respons dan tindak lanjut yang cepat serta efektif," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersinergi untuk memperbaiki jalan rusak.

BACA JUGA:Selama Ramadan, ASN Pemkot Palembang Masuk Pukul 08.00 Sampai 15.00 WIB

BACA JUGA:Pemkot Palembang dan Pengelola Beri Waktu Satu Bulan untuk Pedagang Pasar 16 Ilir Tinjau Ulang Biaya Sewa

Dalam hal ini, Pemkot Palembang bersama Pemprov Sumsel memperbaiki sepanjang 150 meter Jalan Sultan M Mansyur, Kelurahan Bukit lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang.

Pemkot Palembang melalui perhatian Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa langsung meninjau lokasi Jalan Sultan M Mansyur tersebut.

Pantauan di lokasi pada Senin 25 Maret 2024, Jalan Sultan M Mansyur sepanjang 150 meter tersebut kondisinya memprihatinkan yakni tergenang air dan berbatuan koral berserakan.

Sejumlah pekerja yang menggunakan alat berat tampak bekerja dilokasi ruas jalan Jalan Sultan M Mansyur.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Akan Sanksi Tegas Jika Ada Oknum ASN yang Tidak Netral pada Pemilu 2024

BACA JUGA:Ratu Dewa Lakukan Pergeseran 14 Pejabat Eselon II Pemkot Palembang, Berikut Nama-namanya

"Hari ini kita meninjau Jalan Sultan M Mansyur, Pemkot Palembang bersama Pemprov Sumsel bersinergi melakukan perbaikan," kata Ratu Dewa kepada awak media.

Dijelaskan Ratu Dewa, Jalan Sultan M Mansyur diperbaiki karena atas dasar aspirasi masyarakat mengajukan perbaikan jalan kepada Pemkot Palembang.

"Aspirasi masyarakat sekitar yang melintas  segera kita tindak lanjuti, jalan sepanjang 150 meter tersebut berada dikewenangan Pemprov Sumsel. Alhamdulilah berkat kordinasi antar Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel sehingga kedua tim sudah turun alat berat yang akan melakukan perbaikan beserta suluran airnya dengan panjang 300 meter," jelasnya.

Lanjut Ratu Dewa menuturkan, jalan ini masih dalam tahap tender,  jika tidak ada halangan akan segera diperbaiki dalam waktu estimasi 1-2 bulan.

BACA JUGA:Harga Beras Masih Tinggi di Palembang, Begini Langkah Ratu Dewa

BACA JUGA:Masha Allah! TPP ASN Eselon II Pemkot Palembang Dipotong Untuk Zakat Mal, Ratu Dewa Bayar Rp50 Juta

"Sebagai tindakan awal, kami akan melakukan perbaikan sementara sambil menunggu proses tender selesai," tuturnya.

Selain itu, Ratu Dewa menyampaikan bahwa Jalan tersebut akan diperbaiki dengan pengecoran beton agar air yang tergenang dapat mengalir dengan lancar, sesuai spesifikasi dari PU PR Bina Marga Palembang.

"Setelah lebaran, jalan-jalan yang mengalami kerusakan dan telah terdata oleh Dinas PUPR kota Palembang akan diprioritaskan untuk diperbaiki, termasuk jalan Provinsi, Nasional, kota, dan pemukiman warga. Mengacu pada data PUPR, masih ada 12 persen jalan yang belum diperbaiki dan akan segera ditindaklanjuti untuk perbaikan," bebernya.

Ratu Dewa juga menungkapkan penyebab Jalan Sultan M Mansyur rusak salah satunya karena drainase yang sudah tak layak.

BACA JUGA:Jamin Non PNSD Pemkot Palembang Dapat THR Tahun Ini, Ratu Dewa: Namanya Uang Jasa

BACA JUGA:DBD Palembang Meningkat, Ratu Dewa Kerahkan Camat Jemput Bola Gencarkan Fogging

"Oleh karena itu nanti kita akan perbaiki drainasenya dan juga cor jalannya," ungkapnya.

Kendati itu, Ratu Dewa berharap dengan melakukan perbaikan jalan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Palembang.

"Intinya, pada tujuannya saya berharap semoga warga sekitar bisa aman dan tanpa ada kendala apapun," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: