Nabi Syuaib AS, Diutus Menyadarkan Masyarakat Madian yang Menyembah Pohon Besar

Nabi Syuaib AS, Diutus Menyadarkan Masyarakat Madian yang Menyembah Pohon Besar

Ilustrasi, Nabi Syuaib AS diutus untuk masyarakat Madian yang kerap melakukan praktek penyembah Ashab al-Aykah, penyembah pohon besar.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Nabi Syuaib AS diutus untuk masyarakat Madian yang kerap melakukan praktek penyembah Ashab al-Aykah (sebuah pohon besar). 

Sebagai utusan Allah SWT, Nabi Syuaib AS merupakan seorang yang baik, seorang pengkhotbah yang hebat, dan seorang yang taat. 

Nabi Muhammad SAW pernah menggambarkan Nabi Syuaib AS sebagai “ Khatib ul-Anbiya ,” penyampai pidato para Utusan dan Nabi Allah SWT.

Nabi Syuaib AS telah diberkati dengan karunia berbicara yang mengesankan dan dengan mudahnya menyampaikan risalah Allah SWT.

BACA JUGA:Kisah Nabi Luth AS dan Laknat Allah SWT Kepada Masyarakat Sodom yang Terus Bermaksiat

BACA JUGA:Stop Ngeluh! Nabi Ayyub AS dapat Ujian Bertubi dari Allah SWT Namun Tetap Sabar, Apa Kuncinya?

Tepat di pinggiran wilayah Hijaz, dekat Laut Merah, terdapat wilayah Madyan, sebuah kota kecil yang dihuni oleh para pedagang dan pebisnis yang jahat.

Parahnya lagi, Bangsa Madyan bersujud pada sebuah pohon bernama Ashab al-Aykah dan berselingkuh satu sama lain untuk mencari nafkah.

Para pelaku kejahatan di antara masyarakat mereka suka merampok, menipu, dan mengkhianati orang yang lewat.

Mereka akan menjual susu kepada pelancong tetapi mencampurkannya dengan air, berbohong tentang produk mereka untuk dijual secara berlebihan, dan mengenakan pajak kepada wisatawan.

BACA JUGA:Mengapa Nabi Ismail AS Menceraikan Istrinya? Berikut Kisah dan Alasannya!

BACA JUGA:Kisah Nabi: Ibrahim AS Bapak Para Nabi yang Memiliki Iman Tak Tergoyahkan

Untuk mengakhiri budaya ketidakjujuran dan kebohongan, Allah SWT mengutus Nabi Syuaib AS untuk menyeru kaum Madian agar beribadah kepada Allah SWT dan menaati perintah-perintah-Nya. Tapi itu tidak semudah kedengarannya.

Meskipun sebagian orang menerima Islam, namun sebagian besar orang Madyan lainnya tidak mengindahkannya.

Sebaliknya, mereka mengolok-olok Nabi Syuaib AS dan mendorongnya serta orang-orang beriman ke luar kota hanya untuk menghadapi azab Allah SWT.

Masyarakat Madyan sebagaimana yang telah diketahui, banyak melakukan hal-hal yang dilarang dalam Islam, antara lain penyembahan berhala, memungut bunga, menipu pelanggan dalam transaksi bisnis dengan berbohong tentang jasa dan produk, serta perampokan.

BACA JUGA:Kisah Nabi: Saleh AS dan Kaum Tsamud yang Keras Kepala Menolak Risalah

BACA JUGA:Kisah Nabi Hud AS: Peringatan, Hukuman dan Binasanya Kaum 'Ad Oleh Angin yang Pedih

Namun, penduduk Madyan menolak untuk mendengarkan kata-kata Nabi Syuaib AS dan mengancam akan mengusir beliau dan para pengikutnya keluar dari wilayah tersebut jika mereka tidak berhenti.

Bangsa Madyan tidak menunjukkan minat untuk beribadah kepada Allah SWT dan meninggalkan cara-cara mereka dalam mencari nafkah yang salah.

Terlepas dari itu semua, Nabi Syuaib AS tetap teguh dengan pesannya dan mengatakan kepada orang-orang kafir bahwa dia tidak akan tunduk pada kepalsuan.

Nabi Syuaib AS menghadap Allah SWT dan meminta Yang Maha Kuasa untuk memutuskan antara orang beriman dan orang kafir.

BACA JUGA:Sebelum Mesir Dibebaskan, Nabi Muhammad SAW Beri Isyarat Pada Umat Islam di Awal Ramadhan 20 Hijriyah

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS Seorang Raja Adil dan Sabar yang Mampu Menahan Godaan Iblis

Orang-orang kafir Madyan menolak bertakwa kepada Allah SWT, menerima risalah-Nya, dan terus menunjukkan perlawanan.

Melihat hal tersebut, Nabi Syuaib AS memperingatkan kaum Madyan dengan memberikan contoh hukuman Nabi Nuh AS dan masyarakat Nabi Saleh AS dan Nabi Hud AS.

Namun, karena orang-orang kafir itu sombong dan keras kepala serta tidak menunjukkan keinginan untuk berubah, Nabi Syuaib AS memberikan peringatan akan azab pedih yang akan datang:

Dan wahai umatku, janganlah perselisihan [kamu] terhadapku menyebabkan kamu terkena musibah seperti yang menimpa kaum Nuh, kaum Hud, atau kaum Saleh. Dan kaum Luth tidak jauh darimu.” [11:89-90, Al-Qur'an]

BACA JUGA:Kisah Nabi Ilyasa AS yang Membimbing Bani Israil Untuk Kembali Pada Ajaran Tauhid Beserta Mukjizatnya

BACA JUGA:Dakwah Nabi Ilyas AS Menyebarkan Agama Tauhid Kepada Bani Israil Penyembah Berhala

Meski telah mendapat beberapa peringatan, masyarakat Madian tidak menerima pesan Nabi Syuaib AS.

Faktanya, mereka meminta Nabi Syuaib AS untuk memberitahu Allah SWT agar menjatuhkan hukuman apa pun kepada mereka dan dengan paksa mengusir Nabi Syuaib AS dan para pengikutnya dari Madyan.

Namun, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an, Allah SWT berencana untuk melindungi orang-orang yang beriman.

Ketika Nabi Syuaib AS dan orang-orang beriman berada pada jarak yang aman, azab kemudian turun menimpa masyarakat Madyan.

BACA JUGA:Rahasia Sukses! Dibalik Kisah Nabi Sulaiman Menaklukkan Ratu Balqis, Pemimpin Kerajaan Saba

BACA JUGA:Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

“Maka gempa menimpa mereka, dan [mayat] di dalam rumah mereka rawan terjatuh. Orang-orang yang mengingkari Syuaib – seolah-olah mereka tidak pernah tinggal di sana. Orang-orang yang mengingkari Syuaib, merekalah yang merugi.” [7:91-92, Al-Qur'an]

“Dan ketika datang perintah Kami, Kami selamatkan Syuaib dan orang-orang yang beriman bersamanya, dengan rahmat dari Kami. Dan jeritan itu menyergap orang-orang yang berbuat zalim, dan mereka menjadi [mayat-mayat] yang ada di dalam rumah mereka rawan terjatuh seolah-olah mereka tidak pernah sejahtera di dalamnya. Kemudian, pergi bersama Madian saat Thamud dibawa pergi.” [11:94-95, Al-Qur'an]

“Dan mereka mengingkarinya, maka siksa hari awan hitam menimpa mereka. Sungguh, itu adalah hukuman untuk hari yang mengerikan. Sesungguhnya itu adalah suatu tanda, namun kebanyakan dari mereka tidak beriman.” [26:189-190, Al-Qur'an]

Allah SWT menyatakan bahwa azab diutus kepada bangsa Madyan untuk menghukum mereka karena tidak menaati perintah Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Minta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Ratu Balqis, Berikut Bacaannya!

BACA JUGA:Gempar! Alquran Tertua di Dunia yang Ditulis Pada Zaman Nabi Muhammad SAW Ditemukan, Isinya Bikin Merinding

Semuanya berawal dari cuaca panas yang tak tertahankan, yang diderita secara diam-diam oleh orang-orang kafir.

Keesokan harinya, awan hitam pekat memenuhi langit. Melihat hal tersebut, orang Madyan mengira ini akan menjadi akhir dari panas terik.

Orang-orang kafir berkumpul di bawah awan dengan harapan akan turunnya hujan yang menyegarkan dan sejuk.

Sedikit yang mereka tahu, badai petir besar, diikuti gempa bumi, mengakhiri hidup semua orang kafir Madian.

BACA JUGA:Jangan Asal! Nabi Adam As Keluar dari Surga Bukan Karena Makan Buah Khuldi, Begini Penjelasan Lengkap Gus Baha

BACA JUGA:Masyaallah! Tamparan Nabi Pembelah Lautan Ini Bikin Mata Malaikat Maut Lepas, Sorot Matanya Buat Merinding

Dikisahkan juga bahwa deru petir, semburan awan, dan api mengambil alih tangisan penduduk Madyan, hingga mereka pun menjadi tak bernyawa di rumahnya masing-masing.

Ketika Nabi Syuaib AS dan para pengikutnya kembali ke Madyan, mereka terkejut melihat nasib orang-orang kafir.

Namun, mereka tidak merasa menyesal karena Nabi Syuaib AS telah memenuhi tugasnya untuk memperingatkan kaum Madyan, namun mereka memilih untuk tidak mendengarkan.

Meskipun ada banyak mukjizat Nabi Syuaib AS, salah satu mukjizat yang paling terkenal adalah bahwa setiap kali Nabi Syuaib AS ingin mendaki gunung, gunung itu secara ajaib akan menurunkan ketinggiannya.

BACA JUGA:Sombong dan Congkak! Iblis Nyaris Bertobat Melalui Nabi Musa, Satu Syarat Membuatnya Berpaling

BACA JUGA:Ketika Semua Iblis Dipenjara Nabi Sulaiman, Diluar Dugaan Ini yang Dialami Manusia

Dipercaya juga bahwa tongkat mukjizat Nabi Musa AS merupakan pemberian dari Nabi Syuaib AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: