Awal 2025, Tol Kapalbetung dan Tol Palindra Tersambung Penuh, Bakal Irit Bahan Bakar Kendaraan Nih!

Awal 2025, Tol Kapalbetung dan Tol Palindra Tersambung Penuh, Bakal Irit Bahan Bakar Kendaraan Nih!

Jalan Tol Kapalbetung dan Tol Palindra ditargetkan tersambung awal tahun 2025 mendatang. Kementerian PUPR menargetkan, jalan tol ini permudah koneksi hingga ke Lampung. --

SUMEKS.CO - Pengerjaan koneksi Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapalbetung) dan Tol Palembang-Indralaya (Palindra), ditargetkan selesai awal 2025.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), terus mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol tersebut. 

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan, bahwa titik koneksi antara jalan Tol Kapalbetung dan Tol Palindra akan terletak di KM 2 Tol Palindra, KM 366 Tol Kapalbetung. 

"Proyek tersambungnya ditargetkan selesai pada triwulan pertama tahun 2025 mendatang," ujarnya kepada SUMEKS.CO, Rabu, 20 Maret 2024.

Jalan Tol Kapalbetung yang akan terkoneksi dengan Tol Palindra ini, diprediksi akan memangkas waktu tempuh dari Kayu Agung-Betung menjadi hanya satu jam saja. 

BACA JUGA:Antisipasi Penurunan Jalan di Jalur Koneksi Tol Palindra dan Kapal Betung, Hutama Karya Terapkan Metode Khusus

BACA JUGA:Tahun Depan, Tol Palindra Bakal Terintegrasi dengan Tol Kapal Betung, Mau ke Lampung Jadi Lebih Mudah Loh

"Nantinya, jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh Kayu Agung-Betung, dari sekitar 3,5 jam menjadi sekitar 1 jam saja, sehingga lebih irit bahan bakar kendaraan," tulis KemenPUPR melalui akun resmi media sosialnya @KemenPUPR.

Jalan Tol Kapalbetung dan Tol Palindra ini, melintasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Banyuasin, serta Kota Palembang.

Tol Kapalbetung ini terdiri dari tiga seksi, dengan panjang panjang 111,6 km. Untuk seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km dan seksi 2A Jakabaring-Keramasan sepanjang 9 km, saat ini telah beroperasi.

Sementara progres pembangunan seksi 2B Keramasan-Musi Landas sepanjang 24,9 km, dan seksi 3 Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km, saat ini telah mencapai masing-masing 77,9 persen dan 53,8 persen. 

Untuk konstruksi kedua seksi ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024 ini. 

BACA JUGA:Siap-Siap! Tarif Tol Palindra di Ogan Ilir Bakal Naik, Bagaimana dengan Tol Indralaya-Prabumulih?

BACA JUGA:Pembangunan Tol Kapalbetung Dikebut, Kayuagung - Betung Terkoneksi pada Bulan Agustus 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: