Anime Cyberpunk: Edgerunners, Sempat Diremehkan Padahal Punya Ending yang Luar Biasa dan Manis

Anime Cyberpunk: Edgerunners, Sempat Diremehkan Padahal Punya Ending yang Luar Biasa dan Manis

Film animasi dari Netflix Cyberpunk: Edgerunners mendapatkan ulasan yang baik pada ending ceritanya.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Cyberpunk: Edgerunners adalah anime dari Netflix, bukan Jepang, yang belakang menerima ulasan dan penilaian yang sangat baik dari berbagai demografi pemirsa.

Padahal sejak awal peluncurannya Cyberpunk: Edgerunners ini masih terasa diremehkan karena popularitasnya telah menurun secara signifikan.

Sebagai spin-off dari video game Cyberpunk 2077 milik CD Projekt RED, anime ini telah menarik perhatian para penggemar game tersebut.

Namun demikian, diluar para penggemar gamenya, Cyberpunk: Edgerunners adalah film animasi yang sangat layak untuk dinikmati karena punya kedalaman cerita dan pertarungan yang epic.

BACA JUGA:Siapa Margarette Macron? Penyihir Istimewa di Anime Mashle: Magic and Muscles

BACA JUGA:Roronoa Zoro, Pendekar Pedang Terkuat Di Anime One Piece

Studio Trigger tentu saja berperan, sebuah studio terkenal dengan animasinya yang mencolok dan bersemangat dengan karya-karya seperti Kill la Kill, mereka menghadirkannya sekali lagi dengan Cyberpunk: Edgerunners.

Faktanya, semuanya hadir bersama-sama di Cyberpunk: Edgerunners untuk membuat paket lengkap. Namun bagi siapa pun yang perlu diyakinkan untuk menonton Cyberpunk: Edgerunners, akhir yang luar biasa adalah kesimpulan sempurna dari penceritaan yang luar biasa.


Di akhir cerita Lucy bersama bayangannya tentang David sedang menatap bumi dari bulan--

Cyberpunk: Edgerunners menangkap kembali sensasi, tumpahan, dan bahaya dari Night City Cyberpunk 2077, tetapi diputar dengan animasi Trigger yang berlebihan.

Animasi Cyberpunk: Edgerunners menyoroti David Martinez, seorang anak jalanan yang kurang beruntung.

BACA JUGA:Siapa Karakter di Anime One Piece yang Bisa Mengalahkan Shanks?

BACA JUGA:Karakter Utama Protagonis di Anime JoJo's Bizarre Adventure Pada Setiap Season

Pada alur ceri, David Martinez mendapati dirinya dimasukkan ke dalam dunia "Edgerunners", tentara bayaran berteknologi tinggi yang selalu menemukan jalan mereka ke dalam memecahkan masalah.

David dengan cepat menyadari betapa dunia ini tidak adil dan tidak dapat dimaafkan, karena kesengsaraan dan bahaya mengintai di setiap sudut.

David bertemu dengan seorang veteran Edgerunner bernama Maine dan krunya, termasuk Lucy, yang menjadi sangat dekat dengan David.

Bersama  Edgerunner, David semakin meningkat dan seiring dengan terbiasanya dia dengan implan Sandevistan, dia menanggung beban yang lebih berat daripada implan cybernetic mana pun yang dia dapatkan.

BACA JUGA:4 Fusion Terkuat yang Ada di Anime Dragon Ball

BACA JUGA:5 Kutipan Nasihat Bijaksana dari Kakashi Hatake di Anime Naruto dan Boruto

Animasi Cyberpunk: Edgerunners menyenangkan sekaligus menegangkan, tetapi seperti yang dicerminkan dengan sempurna oleh akhir ceritanya, ini adalah kisah yang benar-benar tragis.

Di akhir cerita Cyberpunk: Edgerunners, setiap karakter utama, baik atau buruk, mereka mati; kecuali pacar David, Lucy, dan rekan setimnya yang dapat diandalkan, Falco.

David dimanipulasi oleh Faraday dan berbagai orang lainnya hingga mengorbankan kesejahteraan fisik dan mentalnya dengan mengenakan cyberskeleton Arasaka.

Karena komitmen penuhnya pada cyberskeleton, David tidak hanya menyerah pada cyberpsychosis, tetapi pada dasarnya menandatangani surat kematiannya sendiri dengan menantang Adam Smasher, seorang full borg solo yang terkenal kejam.

BACA JUGA: Anime Solo Leveling: Mengenal Apa Itu Hunter, Tipe Hunter dan Peringkat Hunter

BACA JUGA:9 Hal yang Jarang Diketahui Ketahui Tentang Neferpitou di Anime Hunter X Hunter

David mengorbankan dirinya untuk memastikan orang lain dapat melarikan diri, dan di sinilah letak tragedi dari karya tersebut.

Kisah ini tragis karena David selalu hidup dengan keinginan untuk membantu orang mewujudkan impian mereka, dan pada akhirnya hal itu mengorbankan segalanya.

Pacar David yang masih hidup, Lucy, kemudian berduka atas David dan akhirnya melakukan perjalanan ke bulan, yang pada akhirnya menjadi mimpinya sepanjang seri.

Meskipun ingatannya tentang David masih hidup, itu tidak mengubah fakta bahwa David sudah benar-benar mati.

BACA JUGA:5 Penjahat Dengan Kebanggaan Ekstrim Pada Diri Sendiri Hingga Memiliki Kesombongan Tingkat Dewa di Anime

BACA JUGA: Seberapa Kuat Wujud Sempurna Sukuna Pada Anime Jujutsu Kaisen

Saat-saat terakhir pada animasi Cyberpunk: Edgerunners memiliki sesuatu yang kompleks.

Kekerasan brutal dan aksi cepat mungkin menjadi pusat perhatian dari sudut pandang visual, namun hal ini pada akhirnya didukung oleh emosi murni yang didorong oleh panggilan balik, referensi, dan penyelesaian hal-hal yang belum terselesaikan.

Cyberpunk: Edgerunners ini berhasil memberikan kepuasan pada serialnya dengan melelahkan pemirsanya pada rangkaian yang intens, hanya untuk kemudian menghancurkan mereka secara emosional.

Meskipun setiap karakter Cyberpunk: Edgerunners mengalami semacam perubahan, baik secara fisik, mental, atau kepribadian, hubungan David dan Lucy adalah jangkar utama dari pertunjukan yang kacau ini.

BACA JUGA:Sosok Penting Dibalik Karakter Kuat! 7 Mentor Terbaik di Anime Sepanjang Masa

BACA JUGA:7 Peringkat Iblis Terkuat dan Paling Menakutkan Pada Anime Chainsaw Men

David kehilangan kepolosan dan energi masa mudanya, dan merupakan contoh utama dunia cybernetic yang kembali memakan korban.

Namun demikian, Lucy masih mencoba untuk mendukungnya dan mengingatkannya tentang siapa dirinya, bahkan ketika cyberpsychosis mulai merenggut dirinya.

Ketika Falco menyampaikan kata-kata terakhir David kepada Lucy, meminta maaf karena tidak membawanya ke bulan, "Aku Benar-Benar Ingin Menginap di Rumahmu".

Pesan terakhir itu benar-benar manis namun sekaligus membuat hati Lucy hancur atas kepergian David.

BACA JUGA:Daftar Anime yang Membuat Penonton Trauma Karena Alur Cerita dan Visualnya yang Mengerikan

BACA JUGA: Anime Hachimitsu No Clover, Anime Bertema Kampus dan Romansa Terbaik Sejak Dua Dekade

Sentimen yang begitu indah ternoda oleh akhir David yang mengerikan di tangan Smasher, namun hal itu menambah kemenangan dan makna pada tindakan terakhir David, saat dia memastikan masa depan bagi Lucy yang dicintainya.

Saat-saat terakhir di Cyberpunk: Edgerunners mengikuti Lucy di masa depan, saat dia akhirnya berhasil mencapai bulan.

Perjalanan ke bulan membutuhkan penghematan seumur hidup di alam semesta ini, namun hal ini pada akhirnya menunjukkan Lucy untuk mewujudkan mimpinya.

Namun tetap saja, mimpi ini terasa hampa tanpa David di sampingnya, bahkan Lucy membayangkan David di sana bersamanya.

BACA JUGA: 8 Karakter Villain Anime Shonen Terkuat Sepanjang Masa, Nyaris Mustahil Dikalahkan

BACA JUGA: Anime Boruto Buktikan Shikamaru Akan Selalu Menjadi Ninja Terpintar Bahkan Sejak di Naruto

David pada dasarnya menjadi "bulannya", bagi Lucy sebagai satu-satunya cinta dan tujuan sejatinya.

Dahulu sebelum bertemu dengan David, impian terbesar Lucy adalah pergi ke bulan, dan karenanya dia terus menatap bulan setiap malam. Sekarang setelah Lucy sudah pergi ke bulan, dia membayangkan David.

Akhir dari Cyberpunk: Edgerunners menyebabkan perpecahan dalam basis penggemar, karena massa pada umumnya menyukai pertunjukan tersebut, tetapi pada akhirnya menyangkal dan merasa sedih karena tidak ada akhir yang bahagia.

Namun, dunia cyberpunk dan distopia akan selalu suram, artinya kesengsaraan dan tragedi hanya membantu mengautentikasi dan melegitimasi latar cerita.

BACA JUGA:10 Pengguna Hatsu Papan Atas di Anime Hunter X Hunter, Teknik Hatsu Milik Siapa yang Tak Terkalahkan?

BACA JUGA: 9 Karakter Anime Paling Ganteng! Apakah Salah Satunya Karakter Favoritmu?

Cyberpunk: Edgerunners pada dasarnya adalah tentang bermain dengan kartu yang diberikan, dengan penekanan yang disengaja pada "bertarung dalam pertarungan yang kalah melawan sistem".

Maine dan Dorio meninggal karena cyberpsychosis sang pembuat, sementara David dimanfaatkan dan dimanipulasi hingga kehilangan dirinya sepenuhnya.

Kematian David diperlukan untuk menggambarkan pesan dari keadaan yang sulit ini, namun kematian Rebecca di tangan Smasher muncul begitu saja dan menambah tumpukan kehilangan yang menghancurkan.

Cyberpunk: Edgerunners bisa tetap tidak ternoda sebagai pertunjukan tunggal sepanjang musim, semua berkat kesimpulan yang suram ini.

BACA JUGA: 7 Fakta Illumi Zoldyck yang Mengesankan! Mirip Seperti Uchiha Itachi Pada Anime Naruto

BACA JUGA:Kreator Serial Anime Anohana Menggandeng Studio Cloverworks Produksi Film Fureru!

Bagi yang tertarik dengan anime Netflix ini, silahkan menontonnya diwaktu senggang dijamin akan jalan ceritanya akan sangat menyenangkan dan menegangkan, sekaligus suram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: