Hati-hati! 23 Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Waspada Banjir!

Hati-hati! 23 Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Waspada Banjir!

Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angin kencang dan kilat akan terjadi pada 13-19 Maret 2024.--

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya 15 rumah warga yang rusak.

Untuk rumah yang rusak ringan hanya bagian seng dan gentengnya saja yang terbang, sedangkan untuk rumah yang rusak berat ini atap rumah memang benar-benar hilang dan dinding roboh.

BACA JUGA:Ini Doa untuk Orang yang Memberi Makanan Berbuka Puasa, Jangan Cuma Terima Kasih!

BACA JUGA:Inilah 7 Mobil SUV Bekas Dibawah Rp150 Juta Cocok Digunakan Mudik Lebaran 2024

Menurut BMKG, ada 23 daerah di Indonesia yang masih berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat.  Potensi hujan lebat ini diprediksi terjadi hingga 19 Maret 2024.  Hujan lebat dapat menyebabkan banjir, genangan air, dan tanah longsor.

"Potensinya bakal terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan kilat,"  ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani, Jumat 15 Maret 2024.

Andri menambahkan, UPT Maritim telah mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob. Fenomena ini berpotensi menyebabkan banjir rob di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Pemerintah terus berupaya menangani bencana Hidrometeorologi. Salah satunya bencana Banjir dan longsor melanda beberapa wilayah di Sumatera Barat.

BACA JUGA:Peristiwa Besar Malam Lailatul Qadr, Alquran Diturunkan dari Lauh Mahfudz ke Baitul Izzah, Ini Penjelasannya!

BACA JUGA:Bikin Heboh di Medsos, Suami Dilabrak Istri Sah Bersama Wanita Lain di Dalam Bedeng Ijo Tulung Selapan OKI

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang disebabkan oleh faktor cuaca dan air, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung. Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana hidrometeorologi.

Rumah yang rusak ringan dan sedang akibat bencana hidrometeorologi  sekitar 1.609 unit. Sedangkan untuk rumah yang rusak berat sekitar 40 unit.

BNPB telah memberikan dukungan operasional Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 1,75 miliar untuk membantu penanganan darurat bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat.

Dana ini diharapkan dapat membantu mempercepat pemulihan pascabencana dan meringankan beban masyarakat yang terdampak.

BACA JUGA:Cegah Pecah-pecah! Ini Varian Lip Balm Wardah Solusi Bibir Sehat dan Cantik Saat Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: