Begini Sejarah Awal Mula Kurma Tumbuh Subur di Israel hingga Diboikot Karena Konflik dengan Palestina

Begini Sejarah Awal Mula Kurma Tumbuh Subur di Israel hingga Diboikot Karena Konflik dengan Palestina

Konflik Israel atas Palestina, banyak negara terutama negara muslim dikabarkan telah memboikot terhadap kurma produksi Israel. Foto: dokumen--

SUMEKS.CO - Bulan Ramadan identik dengan buah kurma selain sudah menjadi tradisi, buah kurma juga merupakan syarat sunnah pelengkap ibadah di bulan puasa Ramadan.

Tapi tahukah kamu, tumbuhan kurma biasanya tumbuh pada habitat yang yang tingkat kelembabannya rendah dan suhu udara yang tinggi, makanya tumbuhan kurma tumbuh subur di Timur Tengah termasuk Israel.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu 9 Maret 2024, tamanan buah kurma tumbuh subur di Israel sudah sejak 2.000 tahun lalu.

Saat itu tumbuhan kurma tumbuh subur di daerah Yudea Israel, yang tumbuh dengan ukuran lebih kecil dari kurma pada umumnya yaitu panjang biji hanya 1 cm saja.

BACA JUGA:Amerika Siap Bangun Pelabuhan Sementara di Palestina, Dicurigai ‘Ada Udang Dibalik Batu’

Masyarakat Israel pada saat itu, menjadikan kurma sebagai sumber makanan baik itu konsumsi makanan utama hingga sebagai pengobatan.

Setidaknya ada 7 jenis kurma yang tumbuh di Israel, terdiri dari kurma jenis Matuselah, Hana, Adam, Judith, Boas, Yunus dan Uriel.

Singkatnya, kurma di Israel saat itu menjadi komoditas utama perdagangan pengusaha diantaranya pada abad ke 10 SM tercatat pernah memperdagangkan pohon kurma antara daerah kuasanya dengan Arab.

Meski sudah ada sejak zaman dahulu yang tercatat sudah ada sejak ribuan tahun lalu, nyatanya kurma zaman dahulu berbeda jenis dan ukuran dengan kurma saat ini.

BACA JUGA:Aaron Bushnell Tentara Amerika Pertama Jadi Pahlawan Rakyat Yaman dan Palestina

Hal itu disebabkan, adanya ekstensifikasi serta domestifikasi kurma yang dibawa dari Afrika Utara atau Irak ke Israel di era tahun 1950-an hingga memunculkan jenis atau varietas terbaru.

Yang mana, kurma dengan jenis atau varietas terbaru saat ini memiliki ciri ukuran yang lebih besar, dibandingkan dengan kurma liar terlebih dahulu di Israel

Sejak saat itulah, kurma semakin tumbuh subur di Israel dan menghilangkan kurma-kurma liar yang lebih terlebih dahulu muncul.

Atas alasan inilah, kurma-kurma Israel masa kini mirip dengan kurma yang berasal dari negara-negara Arab lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: