15 Kali Juara Adipura, Muara Enim Kota Kecil dengan Prestasi Besar

15 Kali Juara Adipura, Muara Enim Kota Kecil dengan Prestasi Besar

ADIPURA : Kabupaten Muara Enim kembali berhasil menerima Piala Adipura Tahun 2023 secara berturut-turut ke -15 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) RI.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Kabupaten Muara Enim kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Piala Adipura Tahun 2023 untuk kategori kota kecil terbersih.

Prestasi ini merupakan yang ke-15 kalinya secara berturut-turut diraih oleh Kabupaten Muara Enim, menunjukkan komitmen dan kerja keras pemerintah daerah bersama masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Piala Adipura tersebut diterima langsung Pj Bupati Muara Enim H Ahmar Rizali dari Wakil Presiden RI yang diwakili oleh Wakil Menteri LHK RI, Drs Alue Dohong MSc PhD di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Pj Ketua TP PKK Hj Rose Mafiana, Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan  H Hermin Eko Purwanto dan Silfiana Devi, Kabid Sampah dan Limbah B3.

BACA JUGA:Musim Hujan Tak Hentikan Gayamu, Ini Fashion Wajib Punya Biar Keren

BACA JUGA:Harga Bahan Pokok di OKI Masih Mahal, Emak-emak Gigit Jari

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Muara Enim mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat, khususnya Kecamatan Muara Enim atas kepedulian maupun dukungan terhadap kebersihan lingkungan perkotaan," ujar Rizali.

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, mengatakan bahwa penghargaan Piala Adipura ini sebagai wujud apresiasi sekaligus motivasi dari pemerintah pusat melalui Kemen-LHK kepada pemerintah maupun masyarakat di daerah dalam melaksanakan pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan. 

Dijelaskan pula bahwa dengan kembali diraihnya Piala Adipura ini, maka Kabupaten Muara Enim dinilai konsisten dan berkomitmen atas upaya pengelolaan dan penataan lingkungan perkotaan yang baik, bersih dan teduh, termasuk pengelolaan sampah berdasarkan hasil evaluasi maupun verifikasi kinerja dari tim penilai.

Rizali menjelaskan bahwa terobosan atau inovasi di bidang lingkungan hidup, khususnya pengelolaan sampah di Kabupaten Muara Enim sedang gencar dilakukan, diantaranya saat ini telah dioperasionalkannya mesin pemusnah sampah IPI AWS 50 pada UPTD TPA Bukit Kancil yang sangat ramah lingkungan dengan mampu memanfaatkan limbah sampah untuk diolah atau dikonversikan menjadi sumber energi alternatif. 

BACA JUGA:Sepekan Masuk Ramadan, Harga Daging dan Kebutuhan Pokok di Sejumlah Mall Palembang 'Mencekik'

BACA JUGA:Pelaku Pencurian Modus Ganjal ATM Pakai Tusuk Gigi dalam Minimarket di Palembang Disidang

Hal tersebut sebagai bentuk komitmen Pemkab Muara Enim dalam melaksanakan pembangunan yang merangkul alam. 

Untuk itu, Rizali mengingatkan jajarannya agar tidak berpuas diri, melainkan terus berinovasi hingga nantinya Piala Adipura Kencana dapat diraih. Disamping itu dirinya juga mengapresiasi seluruh petugas kebersihan yang telah bekerja keras menjaga kebersihan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: