Bupati Enos Buka Musrembang Tingkat Kabupaten, Rencanakan Pembangunan 2025-2045

Bupati Enos Buka Musrembang Tingkat Kabupaten, Rencanakan Pembangunan 2025-2045

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten OKU Timur.--

BACA JUGA:Masuk Bursa Calon Bupati Muba, Elektabilitas Apriyadi Meningkat

Ditambahkannya, setelah ada usulan perencanaan yang ada, dari berbagai macam dari kata maju, sejahtera dan berkelanjutan ini. Bupati meminta ada prioritasnya dan sub bagian mana yang harus diutamakan.

"Visi dan misi harus seleras, jika tidak selaras dengan visi dan misi Presiden. Jika tidak selaras maka akan terjadi stagnasi dalam pembangunan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Maryus Markus Firdaus SSTP dalam laporannya menyebutkan akan mendukung terwujudnya pencapaian Visi RPJP Nasional Tahun 2025-2045 'Indonesia Emas' Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan

Dan visi RPJPD Provinsi Sumsel 'Sumsel Mapan 2045' yaitu Sumsel Maju, Terdepan dan Berkelanjutan.

BACA JUGA:Suara Pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran Unggul di Kabupaten OKI

Maka Pemkab OKU Timur melakukan penyelarasan visi, misi, arah kebijakan dengan menetapkan visi RPJPD Kabupaten OKU Timur Tahun 2025-2045 adalah OKU Timur Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan dengan tagline 'OKU Timur Sepadan 2045'

"Adapun 5 sasaran utama visi RPJPD yaitu, mencapai pendapatan per kapita setara negara maju, kemiskinan menuju nol persen dan menurunnya ketimpangan, meningkatnya kepemimpinan dan pengaruh Indonesia di dunia Internasional, meningkatnya daya saing sumber daya manusia, serta menurunnya intensitas emisi Gas Rumah Kaca (GRK) menuju net zero emission," jelasnya.

Mengusung tema 'Pemantapan Kontribusi Sektor Unggulan Daerah yang Ditopang oleh Infrastruktur Ekonomi dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia'.

Maryus mengatakan ada beberapa prioritas, diantaranya pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan berbasis sektor unggulan daerah.

BACA JUGA:KPU Palembang Ambil Kendali Rekapitulasi PPK Sukarami, Apa Sebab?

Kemudian percepatan penurunan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas SDM yang produktif dan berdaya saing, pemantapan infrastruktur dasar, konektivitas dasar dan kualitas lingkungan hidup.

"Serta peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan yang efektif dan inovatif serta stabilitas politik dan keamanan," sambungnya.

Pada kegiatan ini, Bupati Enos, sapaah Ir H Lanosin MT, juga menyerahkan piagam penghargaan kepada OPD dengan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024 Terbaik dan Kecamatan Penyelenggara Musrenbang Tahun 2024 Terbaik.

Hadir dalam kegiatan ini Kajari OKU Timur Andri Juliansyah SH MH, Kepala BPS OKU Timur Ir. Budiriyanto MAP, Forkopimda dan Forkopimda plus, Sekretaris Daerah, Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: