Memahami Perhitungan Astronomis Awal Ramadhan, Menanti Kehadiran Hilal 1445 H

Memahami Perhitungan Astronomis Awal Ramadhan, Menanti Kehadiran Hilal 1445 H

Ilustrasi--

SUMEKS.CO - Bulan Suci Ramadhan memang sangat dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ini merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan.

Berdasarkan kalender Hijriah 2024, diperkirakan awal Ramadhan akan jatuh pada tanggal 10-11 Maret 2024.

Namun, penetapan resmi awal Ramadhan di Indonesia akan ditentukan melalui sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Penetapan awal Ramadhan 2024 di Indonesia akan dilakukan melalui sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Banyuasin Bedah 2.459 Rumah Tak Layak Huni

BACA JUGA:Krisna Remaja Asal OKU Timur Dipanggil PSSI, Ikut Seleksi Timnas U-16

Sidang Isbat ini biasanya diadakan pada tanggal 29 Syaban, satu hari sebelum perkiraan awal Ramadhan.

Kalender yang digunakan manusia dalam pengaturan waktu sehari-hari adalah Bulan Qomariyah (bulan Hijriyah) yang didasarkan pada keteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi bersama Bulan dalam mengelilingi Matahari.

Penentuan awal bulan Hijriyah sangat penting bagi umat Islam karena berhubungan dengan waktu ibadah, terutama bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki peran penting dalam membantu pemerintah Indonesia dalam menentukan awal bulan Hijriyah, termasuk awal bulan Ramadhan 1445 H.

BACA JUGA:5 Sneakers Pria Terbaik untuk Gaya dan Kenyamanan Maksimal

BACA JUGA:Angkatan Udara Yordania Jatuhkan Bantuan di Pantai Rafah, Nelayan Palestina Dibikin Kewalahan

BMKG melakukan perhitungan astronomis untuk menentukan posisi bulan saat Matahari terbenam di berbagai lokasi di Indonesia.

Hasil perhitungan ini, yang disebut data-data Hilal (hasil Hisab), kemudian disampaikan kepada Kementerian Agama RI untuk digunakan dalam pelaksanaan Rukyat (Observasi) Hilal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: