Mitos Mandi Malam dapat Sebabkan Rematik, Begini Fakta Sebenarnya Loh!

Mitos Mandi Malam dapat Sebabkan Rematik, Begini Fakta Sebenarnya Loh!

--

Kondisi ini biasanya menyerang jari tangan, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

BACA JUGA:Minum Kopi Bisa Mencegah Ngantuk, Yuk Cek Mitos atau Fakta?

Namun kebanyakan banyak orang percaya bahwa penyakit brematik ini disebabkan oleh suhu dingin salah satunya yang sering dianggap ialah akibat dari mandi di malam hari. 

Namun secara medis belum diketahui dengan pasti penyebab terjadinya penyakit rematik. Berikut faktanya: 

Fakta tentang Mandi Malam Rematik

Mandi malam sering kali dianggap tidak sehat karena dapat menyebabkan penyakit rematik, namun pada faktanya ialah mandi malam menyebabkan rematik hanyalah mitos yang tidak terbukti kebenarannya secara medis. 

BACA JUGA:Jangan Takut! Berikut 5 Tips Menyiasati Rumah Tusuk Sate yang Sarat dengan Mitos Pembawa Sial

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit autoimun dimana tubuh akan mengenali sel normal sebagai sel sel yang berbahaya sehingga dapat menyebabkan peradangan. Oleh karena itu rematik tidak dikarenakan mandi malam. 

Walaupun bukan penyebab terjadinya rematik, namun sebaiknya  untuk menghindari mandi malam menggunakan air dingin bagi penderita rematik. 

Hal ini dikarenakan suhu air yang dingin dapat menyebabkan sendi yang sudah terkena penderita penderita terasa nyeri dan mengalami kekakuan. 

Oleh karena itu, fakta bahwa mandi malam tidak menyebabkan rematik, melainkan faktor yang dapat memperburuk keluhan penderita rematik. 

BACA JUGA:Yuk Ketahui Fakta Menarik Buah Blewah yang Sering Disajikan Menu Takjil Menyegarkan, Apa saja?

Mandi malam sendiri sebenarnya juga memiliki manfaat bagi kesehatan, dilansir dari beberapa sumber bahwa mandi di malam hari dapat membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang baik. 

Apalagi dengan menggunakan air hangat, hal ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. 

Misalnya dengan beberapa jam sebelum tidur, suhu inti tubuh manusia biasanya akan menurun secara alami, sedangkan suhu kulit tangan dan kaki meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: