Kartika Putri Idap Penyakit Sindrom Stevens Johnson, Ungkap Kronologi Awal Kulit Ruam dan Melepuh

Kartika Putri Idap Penyakit Sindrom Stevens Johnson, Ungkap Kronologi Awal Kulit Ruam dan Melepuh

Kartika Putri menceritakan kronologi awal didiagnosis penyakit Sindrom Stevens Johnson-Tangkapan layar -

SUMEKS.COKartika Putri mengungkap kronologi awal kondisi kesehatannya yang didiagnosa mengidap penyakit Sindrom Stevens Johnson hingga membuatnya sampai berobat ke Singapura.

Beberapa waktu belakangan ini istri Habib Usman sedang mengalami kejadian yang tak menyenangkan terkait dengan kondisi kesehatan setelah ruam melepuh seperti luka bakar muncul di beberapa area wajah hingga mulutnya.

Melalui laman social medianya, Kartika Putri mengklarifikasi dan mengungkap kronologi kejadiannya dimana ternyata dirinya merupakan pejuang autoimun selama kurang lebih lima tahun, kondisi ini disebut bisa terjadi saat imunitasnya memburuk.

"Aku sudah kurang lebih 5 tahunan didiagnosa autoimun, alhamdulillah juga sudah ikhtiar dengan dua kali stemcell, syukurnya baik-baik saja," kata Kartika Putri dikutip di laman Instagram pribadinya Senin, 26 Februari 2024.

BACA JUGA:Konten Gerald Vincent Tentang Air Mineral Jadi Sorotan, Netizen : Mencium Aroma Endorse?

Dalam video tersebut Kartika Putri juga menuturkan bahwa kondisi sebelumnya terjadi akibat alergi obat sehingga imbasnya membuat keadaan muka dan mulutnya ruam hingga melepuh.

"Qadarullah minggu lalu aku minum pain killer untuk treatment, sepertinya aku imunnya lagi nggak oke, jadinya alergi sama obat pain killernya, walhasil muka aku dan mulut aku ruam, melepuh," ujarnya.

Sebelum muncul ruam dan luka bakar gejala awal atau reaksi yang pertama muncul di tubuhnya adalah keluhan di lidah hingga pinggir bibir. 

Mulanya sebelum menyebar Kartika menjelaskan luka tersebut hanya berupa lenting atau benjolan yang berisi air pada bibir, sementara di lidah terdapat ruam.

BACA JUGA:Buang Medali Ratu Elizabeth, Perancang Busana Ini Jijik Jadi Orang Inggris Karena Mendukung Genosida

Hal ini awalnya dianggap biasa namun kemudian menyebar di bagian kening, yang juga muncul lenting.

Selanjutnya menyadari ada yang tak beres, Kartika langsung memutuskan berobat ke dokter kulit, lantaran dirinya masih menyusui dan ingin cepat sembuh.

Tapi tak lama setelahnya, aktris yang juga sempat menjadi model tersebut memutuskan untuk menjalani pengobatan di Singapura untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan efektif.

"Buat kalian yang kenal aku pasti sudah tahu kalau memang aku dari dulu sudah berobat di sana karena lebih nyaman dan merasa tenang di Singapura,aku bisa punya privasi di sana, apalagi di kondisi yang nggak stabil kaya kemarin, untuk mental health aku juga," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: