KPU Kota Prabumulih Gelar PSU di TPS 18 Kelurahan Wonosari Hari Ini

KPU Kota Prabumulih Gelar PSU di TPS 18 Kelurahan Wonosari Hari Ini

KPU Prabumulih melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 18 Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, hari ini. Foto: dokumen/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Prabumulih melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18 Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, kota Prabumulih.

PSU tersebut dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 24 Februari 2024 mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 

Informasi tersebut, pun beredar di media sosial dan grup WhatsApp, sejak Jumat 23 Februari 2024 malam.

Ketua KPU Kota Prabumulih, Marta Dinata membenarkan bahwa pemungutan suara ulang di TPS 18 kelurahan Wonosari yang masuk dalam daerah pemilihan (dapil) 3 (Kecamatan Prabumulih Utara dan Kecamatan Cambai).

BACA JUGA:Tiga TPS di Kabupaten Muratara Potensi PSU dan PSL Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

Menurutnya, PSU dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) kota Prabumulih. 

"Sesuai dengan rekomendasi Bawaslu kota Prabumulih, maka kami menetapkan dilakukan PSU di TPS 18 Kelurahan Wonosari," ungkap Marta Dinata.

Dijelaskan Marta Dinata, pemungutan suara ulang dilakukan lantaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam) menemukan ada satu orang pemilih dari luar daerah yang mendapatkan lima jenis surat suara (Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota). 

"Berdasarkan temuan itu, maka Bawaslu merekomendasikan dilakukan pemungutan suara ulang. Sebagai bentuk tindaklanjut atas rekomendasi itu, maka kita tetapkan dilakukan PSU," bebernya. 

BACA JUGA:Gugatan Menang Telak, Desak Bupati OKI Lakukan PSU Kades Bukit Batu Air Sugihan OKI

Ketika ditanya apa persiapan yang dilakukan terkait PSu tersebut, Marta Dinata menuturkan saat ini pihaknya telah menyebar undangan pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih. 

"Undangan sudah disebar, dan juga sedang dilakukan persiapan di TPS serta menyiapkan logistik pemilu," kata Marta Dinata. 

Lebih lanjut Marta Dinata menuturkan, untuk surat suara PSU sudah disiapkan oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan dan saat ini sudah berada di gudang logistik KPU kota Prabumulih. 

"Sedang dilakukan pelipatan suara, setalah itu subuh surat suara akan didistribusikan ke TPS," imbuhnya seraya menuturkan untuk surat suara PSU terdapat tulisan pemungutan suara ulang (PSU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: