Tingkatkan Keamanan dan Pengalaman Pelanggan, Operator Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway

Tingkatkan Keamanan dan Pengalaman Pelanggan, Operator Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway

Empat operator telekomunikasi di Indonesia luncurkan tiga layanan Application Programming Interface (API) antara lain Number Verify, SIM Swap, dan Device Location--

Tingkatkan Keamanan dan Pengalaman Pelanggan, Operator Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway 

SUMEKS.CO - Empat operator telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren umumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface (API) antara lain Number Verify, SIM Swap, dan Device Location.

Layanan API ini difokuskan dalam memberikan peningkatan keamanan dan pengalaman pelanggan.

Inisiatif GSMA Open Gateway adalah sebuah kerangka kerja API jaringan umum yang dirancang untuk memberikan akses universal kepada perusahaan developer ke jaringan operator.

Standarisasi ini akan membantu developer untuk mempercepat pertumbuhan layanan digital dan aplikasi bagi pelanggan dengan memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar ke jaringan operator di Indonesia dan ratusan operator lainnya di seluruh dunia.

BACA JUGA:Telkomsel Membawa Era Baru bagi Masyarakat Karang Jaya dengan Jaringan 4G/LTE

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Soon Nam mengatakan upaya ini dilakukan untuk dapat bersama-sama menciptakan terobosan melalui inovasi pemanfaatan teknologi terkini yang semakin berkembang dalam mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia dan kemajuan ekonomi berbasis teknologi.

Inisiatif antara perusahaan telekomunikasi Indonesia ini bertujuan untuk membangun interkoneksi antar operator yang dapat memberikan dampak kemajuan industri telekomunikasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui platform dan layanan digital yang akan semakin mendorong kemajuan bangsa.

"Inisiatif bersama ini juga sekaligus menandai komitmen kami dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik kepada pelanggan, serta mendorong transformasi digital lintas industri yang merupakan salah satu faktor penentu dalam membantu pelaku bisnis untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman,” kata Soon Nam

Sementara itu, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat, mengatakan adanya kolaborasi ini merupakan contoh konkrit dari komitmen operator telekomunikasi di Indonesia untuk menggerakkan kemajuan ekonomi di Indonesia dari sektor teknologi dan digitalisasi.

BACA JUGA:Ekonomis! Telkomsel Bersama Platform Film Hadirkan Paket Bundling Eksklusif Mulai dari Rp5,5 Ribuan Aja

"Hal ini sejalan dengan semangat Indosat Ooredoo Hutchison untuk bergotong royong dalam mewujudkan tujuan besar menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Sanjeev Rawat.

Director & Chief Enterprise Business & Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menambahkan harmonisasi Telco API dicapai melalui kerja yang cepat dan tangkas dengan dukungan dokumentasi yang mudah dipahami pengembang.

"CAMARA memungkinkan akses yang terstandarisasi mudah dan lancar dengan penyederhanaan kompleksitas jaringan telekomunikasi melalui Telco API dan membuat Telco API tersebut tersedia di berbagai jaringan telekomunikasi dan negara,” kata Yessie D. Yosetya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: