Perhitungan Suara Sementara Real Count Dipertanyakan, Ketua KPU Sumsel Angkat Bicara

Perhitungan Suara Sementara Real Count Dipertanyakan, Ketua KPU Sumsel Angkat Bicara

Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya--

SUMEKS.CO,- Heboh naik turunnya perolehan suara sementara pada Pileg berdasarkan real count KPU, membuat Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya angka bicara.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Honor Petugas KPPS Selesai Dibayarkan, Ketua KPU Sumsel: Tanpa Potongan!

Andika menegaskan  data real count yang didapat KPU Sumsel dan diinput dalam website KPU merupakan data yang valid.

Menurutnya, setiap data perhitungan suara yang didapat dari tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah dilampirkan bukti foto for C hasil pada website resmi KPU.

Ia pun mencontohkan, dilayar monitor yang tersedia di gedung KPU Sumsel perhitungan suara sementara yang terlampir di dalam website KPU pada TPS X memang terlihat foto asli C Hasil perhitungan suara.

Sehingga, masih menurut Andika tidak akan mungkin ada terjadi kesalahan angka saat menginput data hasil perhitungan suara atau real count pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:KPU OKI Akan Telusuri Dugaan Pemotongan Dana Operasional TPS

Diterangkan Ketua KPU Sumsel, hingga saat ini proses perhitungan suara sudah dalam tahap rekapitulasi pada tingkat Kecamatan sebelum akhirnya diserahkan ke tingkat KPU Kota Palembang.

"Rekapitulasi suara sudah di tingkat kecamatan dan juga terbuka untuk umum, jadi silahkan saja dilihat langsung pada saat proses rekapitulasinya," ujar Andika.

Dia juga mengimbau, kepada para Parpol atau Caleg apabila ada temuan terkait proses perhitungan suara untuk langsung melaporkan kepada pihak Bawaslu.

Ia juga akan mempersiapkan bukti-bukti rekapitulasi data hasil perhitungan suara, apabila dibutuhkan pada pembuktian temuan-temuan yang dimaksud.

BACA JUGA:Waduh! Akademisi Ini Pertanyakan Keakuratan Real Count KPU, Banyak Suara Caleg Sumsel Hilang

Sebelumnya, Akademisi dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA) Palembang, Ridho Junaidi SH MH mempertanyakan keakuratan perhitungan suara Real Count resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari hasil temuannya, data real count perhitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI yang terdapat di situs resmi pemilu2024.kpu.go.id cenderung berubah-ubah setiap waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: