Moms, Ini 7 Cara yang Efektif untuk Melatih Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Moms, Ini 7 Cara yang Efektif untuk Melatih Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Melatih anak berpuasa di bulan Ramadhan agar menjadi kebiasaan. --net

Moms, Ini 7 Cara yang Efektif untuk Melatih Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan 

SUMEKS.CO - Ada beberapa cara efektif yang bisa moms lakukan untuk melatih anak agar belajar berpuasa di bulan Ramadhan nanti.

Berpuasa adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim yang telah memenuhi syarat dan dilaksanakan satu bulan penuh selama bulan Ramadan. 

Karena itulah, agar anak terbiasa ada baiknya orangtua tahu cara yang efektif untuk melatih si kecil berpuasa sejak dini. 

Harapannya agar sang anak pun sudah terbiasa dan tidak kaget lagi untuk menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim saat sudah mencapai usia baligh nanti.

BACA JUGA:Jelang Bulan Ramadhan, Berikut Tips Bugar dan Anti Loyo Saat Berpuasa

Namun ada hal yang perlu diingat ya moms, sebelum melatih anak berpuasa sebaiknya pertimbagkan terlebih dahulu terkait kondisi masing-masing anak.

Mom perlu memastikan kondisi kesehatan anak secara keseluruhan, mulai dari tingkat aktivitas, serta ketahanan diri anak terhadap rasa lapar.

Jika moms memang ingin mengajarkan anak untuk berpuasa, sebaiknya tidak mengharapkan sang anak untuk berpuasa penuh seharian sejak awal. 

Lebih baik, di awal ajarkan anak secara bertahap misal puasa setengah hari, kemudian bisa ditingkatkan lagi sesuai dengan usianya. 

BACA JUGA:Penuhi Gizi Selama Puasa Ramadan dengan Minum Susu

Nah, agar mudah melatih anak berpuasa, moms bisa ikuti beberapa cara efektif berikut ini:

1. Memberikan Penjelasan Tentang Hal-hal Terkait Puasa pada Anak

Salah satu cara efektif untuk melatih anak berpuasa adalah dengan memberikan penjelasan pada anak tentang makna puasa, agar anak mengerti bahwa puasa bukan sekedar tidak makan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: