Kapolda Akui Sejumlah Insiden Tak Terduga Terjadi Selama Pemungutan hingga Penghitungan Suara di Sumsel

Kapolda Akui Sejumlah Insiden Tak Terduga Terjadi Selama Pemungutan hingga Penghitungan Suara di Sumsel

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat melakukan peninjauan pasca pemungutan suara di beberapa lokasi TPS di Kota Palembang, Kamis 15 Februari 2024 siang. Foto: dokumen/sumeks.co--

Kapolda Akui Sejumlah Insiden Tak Terduga Terjadi Selama Pemungutan hingga Penghitungan Suara di Sumsel

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sejumlah insiden terjadi selama proses pemungutan hingga perhitungan suara di TPS sejumlah wilayah di Sumsel.

Hal itu diakui Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo di sela-sela peninjauan pasca pemungutan suara di beberapa lokasi TPS di Kota Palembang, Kamis 15 Februari 2024 siang.

Namun, Kapolda menegaskan, dari semua kejadian itu tidak ada insiden yang krusial.

Seperti yang terjadi di Kota Palembang yakni seorang Ketua KPPS dianiaya di TPS menggunakan senjata tajam oleh oknum Linmas.

BACA JUGA:Oknum Linmas Serang Ketua KPPS di TPS 27 Kelurahan 30 Ilir hingga Bersimbah Darah, Ini Penyebabnya!

"Motivasinya bukan karena masalah pilihan politik, tapi masalah pribadi, tapi karena istrinya minta didahulukan melakukan pencoblosan. Karena tidak diperbolehkan, akhirnya oknum Linmas itu menganiaya Ketua KPPS," terang Kapolda.

Kapolda juga mengatakan ada seorang personel kepolisian yang mengalami kecelakaan di Kabupaten Empat Lawang saat sedang melaksanakan tugas melakukan pemantauan Pemilu 2024.

"Ya, secara keseluruhan situasi Kamtibmas pasca pemungutan suara di Sumsel dalam keadaan aman," tambah Kapolda.

Sesuai instruksi Kapolri, sambung Kapolda, petugas kepolisian akan tetap melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap perhitungan di tingkat PPK yang rencananya baru akan dilaksanakan pada Jumat 16 Februari 2024 besok. 

BACA JUGA:Polisi Buru Oknum Linmas yang Serang Ketua KPPS TPS 27 Kelurahan 30 Ilir Saat Rekapitulasi Penghitungan Suara

"Akan kami kawal sampai dengan rekapitulasi akhir suara di KPU. Mohon dukungan dan doa dari masyarakat Sumsel akan situasi kondusif ini bisa terus berlangsung," tutupnya.

Kapolda Sumsel dan jajaran melakukan giat pemantauan ke beberapa titik di Kota Palembang.

Dimulai dari Mapolda Sumsel, rute pertama menuju Kecamatan IT I dan Kelurahan D-III. Di sini tim melakukan pengecekan terhadap TPS dan PPK, dengan titik-titik pengecekan antara lain di Tempat Mobilisasi Polisi (TMP) dan lokasi strategis di IT I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: