Bukan yang Pertama Dalam Sejarah, Pantai Gading Tiga Kali Juarai Piala Afrika

Bukan yang Pertama Dalam Sejarah, Pantai Gading Tiga Kali Juarai Piala Afrika

Timnas Pantai Gading meraih kemenangan bangkit dari ketertinggalan atas Nigeria dan menjuarai Piala Afrika 2023.--dok : sumeks.co

Bukan yang Pertama Dalam Sejarah, Pantai Gading Tiga Kali Juarai Piala Afrika 

SUMEKS.CO - Timnas Pantai Gading meraih kemenangan atas Nigeria dan menjuarai Piala Afrika 2023. Kemenangan ini adalah yang ketiga kali. 

Sama seperti Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar, kejuaraan utama Afrika juga dimenangkan oleh negara tuan rumah tahun ini.

Pada dini hari tanggal 12 Februari 2024, Pantai Gading mengalahkan Nigeria 2-1 di final di Stadion Olympique Alassane Quattara di Abidjan, Pantai Gading, untuk memenangkan gelar Piala Afrika ketiga mereka.

BACA JUGA:Ronaldo Memang Nggak Ada Obat, Kali Ini Giliran Pemain Pantai Gading Selebrasi CR7 dan Marcelo

Gelar ini menambah tiga gelar dalam koleksi Pantai Gading di kompetisi sepak bola utama benua itu, selain menjuarai Piala Afrika pada tahun 1992 dan 2015.

Di final Piala Afrika 2023, kedua tim sejak awal pertandingan beradu strategi menerobos pertahanan lawan dan menciptakan peluang mencetak gol.

Gol pertama yang memperlebar keunggulan Nigeria terjadi pada menit ke-38 ketika bek tengah Nigeria William Troost-Ekong menyundul bola dari tendangan sudut.

Keunggulan Nigeria bertahan hingga akhir babak pertama. Pantai Gading meningkatkan tekanannya sejak awal babak kedua dan menciptakan peluang pada menit ke-50.

BACA JUGA:Pemain Ini Bertahan dari Kanker dan Golnya Bawa Pantai Gading ke Final Piala Afrika, Begini Reaksi Drogba?

Sayangnya tembakan Gradel bisa diblok bek Calvin Bassey yang berdiri di depan gawang. Ada protes dari para pemain Pantai Gading saat Gradel dijatuhkan Sanussi di kotak penalti, namun wasit tidak memberikan penalti.

Sundulan Kessie langsung mengirim bola ke gawang, namun kiper Nwabili yang berada di posisi tepat mampu menepisnya dan menciptakan peluang.

Nwabiri kembali menunjukkan pergerakan lincahnya di depan gawang, menepis tembakan kuat Kussonu dari luar kotak penalti.

Pantai Gading akhirnya memecah kebuntuan melalui reaksi Franck Keshi yang menyundul bola ke gawang dari tendangan sudut, dan gawang Super Eagle runtuh pada menit ke-62.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: