Berwisata ke Pagaralam, Kurang Pas Sebelum Mencoba Sensasi Fenomena Alam Unik Dempo Magnet

Berwisata ke Pagaralam, Kurang Pas Sebelum Mencoba Sensasi Fenomena Alam Unik Dempo Magnet

Mencoba Sensasi Fenomena Alam Unik Dempo Magnet--

Berwisata ke Pagaralam, Kurang Pas Sebelum Mencoba Sensasi Fenomena Alam Unik Dempo Magnet

SUMEKS.CO - Salah satu fenomena alam yang unik di Kota Pagaralam hingga mengundang daya tarik wisatawan, yaitu adanya fenomena Jabal Magnet (Gunung Magnet).

Wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah yang berkunjung ke Kota Pagaralam, dapat merasakan sensasi magnetis yang terdapat di dataran tinggi Gunung Dempo.

Karena penasaran, Tim SUMEKS.CO mencoba menghilangkan rasa penasaran dengan membuktikan sendiri fenomena alam unik di Kota Pagaralam, pada Sabtu 10 Februari 2024.

BACA JUGA:Hidden Gem di Hutan Sumatera Selatan, Green Paradise Pagaralam Manjakan Wisatawan Dengan Keunikan Alam

Jabal magnet Kota Pagaralam sendiri, berlokasi di Kompleks Perkantoran Gunung Gare tidak jauh dari Tugu Bunga Kecubung. Saat tiba di titik lokasi medan magnet, mobil minibus yang dikendarai dalam posisi dimatikan tanpa rem tangan ataupun kaki.

Ajaibnya, mobil minibus yang dikendarai mundur dengan sendirinya dengan posisi melawan gravitasi bumi. Bukan melaju kedepan dijalan yang menurun, namun sebaliknya mobil minibus berjalan mundur kebelakang di jalan yang menanjak.

Masih belum percaya adanya Medan magnet, kemudian tim SUMEKS.CO kembali dilakukan percobaan kedua dan hasilnya tetap sama mundur dijalan yang menanjak.

Fenomena ini merupakan keajaiban alam, karena dianalogikan jika kendaraan menaiki jalan tanjakan tentunya sangat sulit kalau tidak dibantu dengan menghidupkan mesin kendaraan.

BACA JUGA:Budidaya Ikan Semah Nan Langka, Spot Destinasi Wisata Favorit dan Unik di Green Paradise Pagaralam

Tidak hanya berpengaruh terhadap kendaraan saja, ternyata medan magnet berpengaruh juga pada tubuh manusia. Saat berjalan tidak jauh dari lokasi, tubuh pun terasa berat dan seperti tertarik sesuatu ke arah titik medan magnet.

Sayangnya, saat ini fenomena magnet yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Dempo Magnet ini terkesan diabaikan saja. Yang mana, seharusnya fenomena alam Dempo Magnet ini bisa dijadikan daya tarik bagi wisatawan yang melintas di lokasi tersebut.

Dari pantauan, setiap kendaraan yang melintas seperti mengacuhkan saja adanya fenomena alam yang tergolong unik ini di kota dengan julukan Bumi Seribu Ari terjun ini.

Sekilas tentang Dempo Magnet, yang ternyata tidak sengaja ditemukan pada Mei 2016 silam oleh seorang ASN Pemkot Pagaralam. Yang kemudian, pada tahun tersebut pihak pemerintah setempat menjadikan Dempo Magnet sebagai destinasi wisata baru di Kota Pagaralam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: