Siap Sukseskan Pemilu, Bawaslu Muara Enim Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Siap Sukseskan Pemilu, Bawaslu Muara Enim Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

APEL : Bawaslu Muara Enim menggelar apel siaga pengawasan Pemilu di Kabupaten Muara Enim tahun 2024 di halaman kantor Bupati Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Bumi Serasan Sekundang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim menggelar apel siaga pengawasan Pemilu di halaman kantor Bupati Muara Enim pada hari Sabtu 10 Februari 2024.

Dalam apel tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, unsur Forkopimda, Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Anggota Bawaslu, KPU dan seluruh pengawas Pemilu dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa di Kabupaten Muara Enim beserta instansi terkait.

Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin SP MSi, mengatakan apel yang dilaksanakan serentak ini merupakan wujud kesiapan Bawaslu bersama masyarakat siap melaksanakan Pemilu dan mengawasi setiap tahapan mengenai Pemilu 2024.

Zainudin menerangkan bahwa sebentar lagi akan memasuki masa tenang. Dimana masa tenang ini merupakan masa-masa krusial, jangan sampai masih ada APK terpasang, masih ada kegiatan kampanye, termasuk hal yang sangat krusial yaitu masalah money politik.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Siaga Penuh, Pastikan Imlek 2575 Berjalan Aman dan Kondusif

"Pada masa tenang kami akan melakukan patroli pengawasan di seluruh penjuru Kabupaten Muara Enim, lokasi APK terbanyak ini ada di kecamatan Muara Enim, Lawang Kidul hingga daerah Gelumbang, itu yang paling banyak," katanya.

Pihaknya akan memastikan pada saatnya nanti hak pilih warga negara terkhusus di Muara ini bisa dilaksanakan dan dilindungi secara undang-undang.

Oleh karena itu pihaknya berpesan kepada jajaran yang hadir pada apel tersebut untuk menyampaikan kepada seluruh peserta pemilu baik itu tim kampanye maupun caleg, pada saat memasuki minggu tentang agar tidak ada aktivitas kampanye maupun aktivitas di media sosia.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali, mengatakan bahwa pendistribusian logistik pemilu dari gudang logistik KPU Muara Enim menuju logistik PPK di 22 kecamatan diwilayah Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Bawaslu Muara Enim Tegas Ingatkan Caleg-Parpol Patuhi Aturan Masa Tenang

Oleh karena itu, kegiatan apel tersebut untuk meningkatkan kinerja dan solidaritas lintas sektoral, terlebih lagi jajaran Bawaslu dalam pengawasan masa tenang pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu 2024 nanti ini diselenggarakan di 1786 TPS dengan daftar pemilih tetap sebanyak 453.729 mata pilih 

"Selaku penanggung jawab, saya pastikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan pemilu 2024, ini," tegasnya.

Dirinya berpesan kepada petugas keamanan, baik itu dari TNI, Polri maupun petugas satuan Pol PP tingkatkan kewaspadaan kesiap siagaan dan deteksi ini dalam pengawasan guna keamanan dan ketertiban masyarakat, laporkan setiap perkembangan kepada pimpinan di tempat saudara ditugaskan, sehingga upaya penanganan pelanggaran dan gesekan dapat ditangani secara komprehensif multisektor terpadu dan terkoordinasi antar semua pihak.

"Saya berharap kita semua dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap penyelenggaraan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Muara Enim," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: