New Year New Me! 2024 Mulai Gaya Hidup Minimalis Ala Rasulullah SAW, Hisab Mudah Hidup Berkah

New Year New Me! 2024 Mulai Gaya Hidup Minimalis Ala Rasulullah SAW, Hisab Mudah Hidup Berkah

Ilustrasi penerapan gaya hidup minimalis ala Rasulullah SAW.--

BACA JUGA:Perbuatan Sederhana yang Miliki Keutamaan dan Kedudukan Tinggi Disisi Allah SWT, Hidup Tenang Bila Diamalkan

Kitabul-Aadab menukil hadits Nabi SAW riwayat Miqdam bin Ma'di Karib. Di mana Miqdam berkata, "Saya mendengar Rasul SAW bersabda :

"Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengisi perutnya dengan beberapa suapan yang akan meluruskan tulang rusuknya. Jika harus ditambah, maka sepertiganya untuk makanan, sepertiganya untuk minum, dan sepertiganya untuk bernafas." (HR. Tirmidzi, Ahmad & Ibnu Majah)

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Berbelanja sesuai dengan kebutuhan juga mendukung kestabilan finansial serta mengetahui hal dan barang yang sifatnya prioritas ataupun tidak.

BACA JUGA:Cara Agar Diberi Kelapangan Hidup dan Dilancarkan Rezeki, Ini 7 Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW

Belanja sesuai dengan kebutuhan pada gaya hidup minimalis untuk mendorong seseorang agar membeli barang yang mengutamakan kualitas.

Selain itu mempertimbangkan nilai fungsionalitas juga penting dalam pemakaian suatu barang sehingga dapat digunakan jangka panjang.

Jika menilik seseorang yang menerapkan pola hidup minimalis, maka akan jarang ditemui barang-barang yang menumpuk karena tidak digunakan lagi.

Belanja sesuai dengan kebutuhan akan membantu seseorang memiliki pola hidup konsumtif yang seringkali menjurus kepada pemborosan.

BACA JUGA:Bertetangga Juga Ada Adabnya! Mau Hidup Rukun Simak Penjelasannya Disini

Penting untuk diketahui bahwa sifat boros adalah perbuatan buruk yang tidak disukai oleh Allah SWT.

"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan. Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya." QS. Al-Isra: 26-27.

Orang yang berbelanja sesuai dengan kebutuhan akan lebih memahami bahwa tidak semua barang yang dilihat itu penting dan memiliki nilai fungsional.

3. Rajin Bersedekah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: