Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Kesiapan Pengamanan Pemilu di Lapas Lubuklinggau

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Kesiapan Pengamanan Pemilu di Lapas Lubuklinggau

Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengunjungi Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau, Jumat 9 Februari 2024.--

LUBUKLINGGAU, SUMEKS.CO – Kanwil Kemenkumham Sumsel memang terus melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Dalam mewujudkan hal tersebut, Ilham Djaya selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengunjungi Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau, Jumat 9 Februari 2024.

"Memasuki tahun politik, saya harapkan petugas lapas sebagai aparatur sipil negara (ASN) harus netral dalam pelaksanaan pemilihan umum serentak calon anggota legislatif, calon presiden dan cawapres," kata Ilham Djaya ketika melakukan kunjungan kerja di Lapas Kelas II A Lubuklinggau

Selain mengingatkan ASN agar netral, juga diingatkan untuk tetap menyalurkan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik sesuai dengan hati nurani tanpa tekanan dan paksaan dari siapapun pada saat pemungutan suara 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Membangun Keluarga Berkualitas, Irma Suryani Sosialisasi KIE dan Program Bangga Kencana di Desa Karang Bindu

"Saya tekankan kembali, pada tanggal 14 Februari nanti kita  kita wajib menyukseskan Pemilu 2024. Lakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi di dalam Lapas Kelas II A Lubuklinggau, bangun sinergi dengan aparat penegak hukum (APH) lainnya serta kembali pada prinsip dasar pemasyarakatan, karena didalam Lapas ini juga ada hak dari Warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk memilih pada tanggal tersebut" ujar Ilham.

Pada kesempatan itu, Ilham menekankan perlunya pengawasan Ekstra dari petugas agar tidak terjadi gangguan keamanan di Lapas,

"Karena gangguan tersebut dapat terjadi kapan saja terlebih lagi suasana Pemilu yang sangat sensitif seperti sekarang ini," pungkasnya. 

Kakanwil Ilham Djaya juga berkesempatan untuk meninjau beberapa ruangan yang dalam tahap renovasi, diantaranya ruangan Aula dan ruangan pengamanan pintu utama (P2U) serta meninjau sarana instalasi listrik pada Lapas tersebut.

BACA JUGA:Hanya 2 Jam Wawancara Tucker Carlson dengan Vladimir Putin Ditonton 23 Juta Kali, Media Barat ‘Sakit Hati’

Sementara Kalapas Lubuklinggau Hamdi Hasibuan beserta jajarannya pada kesempatan itu menyatakan siap menjaga netralitas ASN di lingkungan kerjanya dalam Pemilu 2024.

"Sesuai arahan Kakanwil Ilham Djaya, kami akan memperketat pengawasan ASN di lingkungan Lapas Lubuklinggau agar netral dan menyukseskan Pemilu 2024 didalam lingkungan Lapas Kelas IIA Lubuklinggau," ujarnya.

Kalapas Lubuklinggau Hamdi juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kakanwil Ilham dan rombongan.

"Suatu kehormatan bagi kami atas kunjungan ini dan merupakan bentuk perhatian dan dukungan yang diberikan kepada kami sebagai insan pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Semoga dengan adanya penguatan ini, Lapas Lubuklinggau dapat semakin optimal dalam menjalankan tugas sebagai petugas pemasyarakatan," kata Kalapas Hamdi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: