Jangan Tersinggung! 5 Ciri Orang Sok Pintar Padahal Bodoh, Mudah-mudahan Kamu Nggak Termasuk Ya

Jangan Tersinggung! 5 Ciri Orang Sok Pintar Padahal Bodoh, Mudah-mudahan Kamu Nggak Termasuk Ya

5 ciri orang bodoh tapi merasa pintar yang bisa kamu kenali dengan orang-orang sekitar.--

SUMEKS.CO - Tentu banyak orang di sekitar kita yang tanpa kita sadari seperti orang pintar, padahal sebenarnya bodoh alias sok pintar

Meski sedikit sensitif untuk dibahas, perlu kita ketahui ciri-ciri orang sok pintar, padahal sebenarnya bodoh, sehingga kita mudah mengenali mereka. 

Bahkan, mungkin saja kita menemukan ciri ini pada diri kita sendiri, sehingga kita dapat memperbaikinya. 

Untuk mengetahui mereka yang bodoh tapi sok pintar ini, agar kita tidak ikut terjerumus bersamanya, sebab orang bodoh yang sok pintar ini bisa membawa dampak negatif bagi orang di sekitarnya. 

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Gangguan Mental Pada Remaja, Ambil Tindakan Sebelum Menyesal

Berikut ini kita bahas satu persatu dari 5 ciri orang bodoh tapi merasa pintar, yang bisa kamu kenali dengan orang-orang sekitar kamu:

1. Kurangnya kesadaran diri

Poin paling mendasar mengenali orang yang sok pintar padahal sebenarnya bodoh adalah kurangnya kesadaran diri. 

Yang dimaksud kesadaran diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami kemampuan, kelemahan, emosi dan keyakinan mereka. 

Ini bukan saja mengenali diri sendiri tapi juga mempengaruhi orang lain disekitar kita. Orang yang kurangnya kesadaran diri tidak mengetahui kekurangan dirinya sendiri. 

Mereka cenderung meyakinkan bahwa mereka lebih cerdas, lebih kompeten, atau lebih berpengetahuan daripada yang sebenarnya. 

BACA JUGA:Waspada! Kenali Penyebab Ganguan Mental Pada Remaja, 8 Hal Ini yang Sering Diabaikan Orang Tua, Apa Itu?

Ironisnya mereka tidak menyadari ketidakmampuan untuk mengakui ketidakmampuan, ini sebuah fenomena yang dikenal sebagian efek dunning kruger. 

Untuk mengenali orang-orang sok pintar ini sangat mudah, bisanya mereka tampak sangat percaya diri tentang keahlian atau pengetahuan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: