Kapolda Rachmad Ajak OKP dan BEM Se-Sumsel Berperan Bantu Polri Atasi Illegal Drilling

Kapolda Rachmad Ajak OKP dan BEM Se-Sumsel Berperan Bantu Polri Atasi Illegal Drilling

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo mengundang OKP dan BEM dari perguruan tinggi se-Sumsel dan mengajak berperan membantu Polri untuk mengatasi illegal drilling. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo mengundang OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dari perguruan tinggi se-Sumsel.

Dalam pertemuan yang dikemas coffe morning tersebut, Kapolda Sumsel mengatakan tugas Polisi selalu bersinggungan dengan sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Ditambah sumpah anggota Polri sebagai Rastra Sewakottama sehingga tidak salah jika kelompok pemuda menjadi bagian dari pembinaan Polri," katanya.

Kapolda menyadari bahwa sumpah sebagai pelayan masyarakat, Polri dituntut aktif, sehingga kemudian bisa menimbulkan persepsi tugas Polri sebagai muara dari permasalahan.

BACA JUGA:Kapolda Rachmad Terima Silaturahmi Organisasi Kepemudaan dan BEM Sumsel

Terkait isu yang banyak dibicarakan masyarakat, di hadapan 18 organisasi kepemudaan dan BEM, Irjen Rachmad Wibowo mengatakan bahwa illegal drilling merupakan salah satu isu yang belakangan banyak dibicarakan di Sumatera Selatan. 

Terkait hal tersebut, Kapolda mengatakan bahwa hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab Polri saja. Ada instansi atau terkait yang perlu mengambil peran untuk menyelesaikan persoalan.

Dirinya mengaku secara pentahelix, pihaknya memerlukan dukungan dari para akademisi termasuk mahasiswa.

“Mahasiswa dapat melakukan bussiness matching, seperti misalnya dalam penanganan illegal drilling yang tidak didukung anggaran. Mahasiswa bisa komunikasi dengan pihak Pertamina untuk bisa mendapatkan anggaran CSR (corporate social responsibility) dari Pertamina untuk kemudian turut secara aktif bisa membantu dalam penanganan illegal drilling,” ujar dia.

BACA JUGA:Bukan untuk Demo, Ini Tujuan BEM Universitas Prabumulih Datangi Kantor Bawaslu

Menyangkut penggelaran pengamanan pesta demokrasi yang sedang berlangsung, mantan Kapolda Jambi tersebut mengatakan pihaknya telah mempersiapkan untuk mengawal dan menjaga situasi yang kondusif di wilayah Sumatera Selatan bersama stakeholder dan elemen masyrakat. 

Kapolda menambahkan, kebebasan hak memilih secara langsung umum bersih jujur dan adil sudah sesuai dengan keinginan para pemuda. Rachmad mengajak kaum muda termasuk OKP dan BEM untuk turut aktif menjaga situasi kamtibmas.

“Gunakan hak sebagai warga negara yang baik, jangan mudah terprovokasi, jangan mau dipengaruhi pihak manapun untuk kemudian melakukan kegiatan yang tidak rasional dan merugikan,” pesan Rachmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: