Tak Boleh Diisi Dengan Angka Empat, Begini 6 Fakta Menarik Angpau Perayaan Imlek 2024

Tak Boleh Diisi Dengan Angka Empat, Begini 6 Fakta Menarik Angpau Perayaan Imlek 2024

Ilustrasi--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Ada beberapa fakta menarik dari angpau, si amplop merah saat perayaan Imlek tahun ini. Salah satunya tak boleh diisi dengan angka empat.

Pemberian angpau saat perayaan Imlek 2024 nanti memang tidak bisa dipisahkan lagi. Sudah menjadi salah satu tradisi yang melekat dan boleh dilewatkan oleh masyarat Thionghoa saat perayaan Imlek.

Angpau biasanya diberikan pada teman atau sahabat terdekat. Menurut budaya china, warna merah dari angpau ini melambangkan sebuah kemakmuran dan juga keberuntungan.

Dalam amplop merah atau angpau ini biasanya berisi uang sebagai simbol keberuntungan, dan berharap segala sesuatunya berjalan lebih baik dan lancar di tahun baru yang sebentar lagi datang.

BACA JUGA:Angpau Imlek 2024: Tradisi Tionghoa Sarat Mitos dan Makna?

Namun, dalam budaya Thionghoa ada aturan terkait nominal yang ada pada angpau. Angpau tidak boleh diberikan dengan menyertakan angka empat.

Dalam angpau tidak boleh ada nominal 4,40 maupun 400. Hal ini dikarenakan dalam bahasa china pengucapan dari angka 4 dianggap seperti sebuah kata kematian.

Lebih baik digenap kan menjadi angka 8 saja, karena menurut kepercayaan angka 8 diibaratkan sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran.

Nah, selain dilarang menggunakan angka empat pada angpau, kira-kira apalagi ya fakta yang ada dibalik si merah angpau ini?

BACA JUGA:Imlek 2024, Ini Deretan Makanan yang Penuh Mitos dan Menjadi Pantangan

Telah dilansir dari berbagai sumber, begini fakta menarik dari angpau yang menjadi salah satu tradisi perayaan Imlek 2024, berikut ulasannya:

1. Ternyata angpau berasal dari legenda kuno

Pemberian angpau yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi saat perayaan-perayaan hari besar masyarakat Thionghoa termasuk saat perayaan tahun baru Imlek.

Ternyata asal usul pemberian angpau ini terjadi dari legenda-legenda kuno.

BACA JUGA:Nyalakan Petasan Saat Imlek Bisa Usir Roh Jahat? Cek Fakta Disini

Sebuah legenda kuno yang ada, menurut legenda ada iblis yang terkenal dengan sebutan ‘sui’ iblis ini seringkali meneror anak-anak yang dilakukan pada malam hari saat mereka tertidur pada malam perayaan tahun baru.

Untuk melindungi sang anak, maka orang tua rela terjaga sepanjang malam memastikan keselamatan sang buah hati.

Tetapi pada malam perayaan Natal, berbeda dengan anak lain, ada satu anak yang masih terjaga dan memainkan 8 koin.

Hingga ia pun tertidur setelah memainkan 8 koin tersebut, lalu saat sang iblis datang untuk mengganggu sang anak, ada reaksi menakjubkan dari koin yang ditaruh pada bantal anak tersebut.

BACA JUGA:Awas Salah Kostum, 8 Warna Baju Imlek 2024 yang Cocok dan Bawa Hoki

Kedelapan koin itu menghasilkan sebuah cahaya yang kuat hingga berhasil mengusir iblis sui.

Menurut legenda, kedelapan koin tersebut melambangkan 8 dewa tang tengah menyamar.

2. Nominal dalam angpau berbeda

Sebenarnya pemberian angpau ini hanya berlaku pada anak-anak saja.

BACA JUGA:Jangan Lupa Lakukan Ini untuk Sambut Tahun Naga Kayu, Imlek 2024

Namun seiring berjalannya waktu, pemberian angpau juga bisa dilakukan pada teman, sahabat, kerabat, bahkan pada kolega kerja sekalipun.

Biasanya pemberian nominal pada angpau ini juga berbeda-beda setiap orangnya, tergantung pada umur atau tingkat kedekatannya.

3. Memberikan uang baru dalam angpau

Menurut adat dan sudah menjadi tradisi yang dijaga, bahwa ada aturan pemberian angpau ini.

BACA JUGA:Ide Hampers Khas Imlek Pembawa Hoki, Patut Dicoba!

Salah satu contohnya yaitu memberikan uang baru dalam angpau, jadi hanya uang bersih dan baru yang bisa dimasukkan pada angpau tahun baru Imlek ya.

Karena itulah menjelang perayaan Imlek terjadi ke lonjakan dan antrean panjang di bank, karena orang-orang cenderung berbondong-bondong untuk menukarkan uangnya dengan uang baru dari bank.

4. Ada tata cara khusus untuk menerima angpau

Menurut tradisi saat perayaan Imlek, biasanya anak-anak akan menerima angpau dalam posisi berlutut.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Ide Hampers Imlek 2024 yang Berkesan, Cocok Buat Orang Tersayang

Anak-anak biasanya akan berlutut pada anggota keluarga yang lebih tua, nah tradisi inipun masih di jaga baik oleh masyarakat Thiongkok.

Selain itu angpau ini selalu diterima dengan menggunakan kedua tangan, dan perlu diingat bawa angpau ini tidak boleh di buka langsung apalagi dibuka didepan seseorang yang memberikan angpau.

5. Tidak hanya diberikan saat perayaan Imlek

Angpau ini tidak hanya diberikan saat perayaan Imlek saja, namun angpau juga biasa diberikan pada saat peringatan hari kelahiran ataupun saat acara pernikahan.

BACA JUGA:Ini Kudapan Khas Perayaan Imlek 2024, Bisa Membawa Hoki Loh!

Hal ini dikarenakan angpau dianggap sebagai sebuah simbol keberuntungan, karena itulah angpau juga sering diberikan saat hari-hari bersejarah dan membahagiakan.

6. Makna pemberian angpau

Fakta menarik dari pemberian angpau ini ada pada makna pemberiannya. Sebenarnya angpau tak sekedar amplop merah yang berisi uang saja.

Namun, lebih dari itu angpau memiliki makna sebuah keberuntungan dan juga harapan agar memulai tahun baru dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA:Koleksi dan Berburu Emas Batangan PT Antam Series Imlek 2024, Motifnya Unik Loh!

Nominal yang ada dalam angpau pun bukanlah fokus utama, namun yang paling penting adalah makna dari amplop merah yang membungkus nya yaitu angpau.

Karena bagi kepercayaan masyarakat Thionghoa, warna merah dari angpau sebagai sebuah lambang dari kemakmuran dan juga sebuah keberuntungan.

Nah, itulah penjelasan mengenai fakta menarik dari angpau saat perayaan Imlek 2024.

Aasan tak boleh ada angka empat dalam angpau karena angka empat mengandung makna yang buruk yaitu kematian. Semoga bermanfaat.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: