Zion Suzuki, Kiper Berkulit Hitam Timnas Senior Jepang Jadi Sorotan di Piala Asia 2023

Zion Suzuki, Kiper Berkulit Hitam Timnas Senior Jepang Jadi Sorotan di Piala Asia 2023

Zion Suzuki--net

BACA JUGA:26 Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Ada 2 Pemain yang Tidak Terpilih, Siapa Saja?

Penampilannya boleh jadi menurun di dua laga awal Piala Asia. Meski begitu, Suzuki diharapkan tetap menjadi salah satu talenta terbaik di negeri matahari terbit.

Ayah Suzuki adalah warga Ghana-Amerika dan ibunya berasal dari Jepang. Pemain tersebut mengatakan dia menerima pelecehan rasial di media sosial setelah Jepang kalah 2-1 dari Irak di Doha.

Zion adalah pemain penting bagi Jepang. Jelang laga kedua tim, kiper Jepang Piala Asia 2023, Zion Suzuki sempat menganggap remeh program utama timnas Indonesia yakni lemparan ke dalam Pratama Arkhan.

Julukan Zion Suzuki "Andre Onana Asia" mencuat setelah kesalahan langkahnya di Vietnam dan Irak.

BACA JUGA:Tegang, Jelang Indonesia U-23 Lawan Turkmenistan, Satu Poin Menuju Piala Asia U-23 2024 Live Di sini

Dia melakukan dua kesalahan dalam kemenangan 4-2 Samurai Biru atas Golden Star Warriors.

Saat Nguyen Dinh Bac mencetak gol pertama Vietnam melalui sundulan hasil tendangan sudut, Suzuki sudah terlalu unggul.

Sementara itu, pada gol kedua Vietnam, bola diblok oleh Suzuki, dan Pham Tuan Hai yang berada di mulut gawang menyambar bola pantul dan mengirimkannya ke gawang yang kosong.

Suzuki kembali melakukan kesalahan pada laga Jepang kontra Irak. Umpan silang dari sisi kanan pertahanan Samurai Biru diblok, dan Aymen Hussein segera mengkonversinya untuk memberi Irak gol pertama.

BACA JUGA:Debutan Paling Garang, Timnas Indonesia ke Piala Asia U-23 2024 Qatar Berikut Daftar 16 Tim yang Lolos

Zion Suzuki sendiri merupakan kiper Jepang yang paling banyak tampil di antara kiper yang dipanggil untuk Piala Asia 2024.

Dua kiper tersisa adalah Daiya Maekawa (Vissel Kobe) dan Brandon Taishi Nozawa (FC Tokyo) yang baru tampil di satu laga internasional.

Pelatih Hajime Moriyasu mengabaikan nama Daniel Schmidt (Gento) yang menjadi starter dalam 14 pertandingan, Kosuke Nakamura (Portimonense) yang memainkan delapan pertandingan, dan Keisuke Osako (Sanfrecce Hiroshima) yang memainkan tujuh pertandingan.

Suzuki membuat total tiga kesalahan dalam dua pertandingan Piala Asia 2024, sehingga membuat perbandingannya dengan kiper Kamerun Andre Onana, yang bergabung dengan Manchester United musim panas ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: