Emak-Emak Desa Tanjung Serang Manfaatkan Musim Panen Duku, Buat Kotak untuk Pasar Luar Daerah

Emak-Emak Desa Tanjung Serang Manfaatkan Musim Panen Duku, Buat Kotak untuk Pasar Luar Daerah

Menyambut panennya buah ini, sejumlah warga desa, terutama ibu-ibu alias emak-emak dan remaja putri, mulai membuat kotak duku.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Buah duku merupakan buah musiman yang banyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Buah duku di OKI memiliki rasa yang manis, daging buah yang tebal dan biji yang kecil. Buah duku di OKI juga memiliki aroma yang khas dan menyegarkan.

Beberapa bulan kedepan, buah duku di Kabupaten OKI akan memasuki musim panen.

Menyambut panennya buah ini, sejumlah warga desa, terutama ibu-ibu alias emak-emak dan remaja putri, mulai membuat kotak duku.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin, 22 Januari 2024 : Siap-siap 4 Zodiak Ini Akan Menghadapi Konflik

Kotak duku merupakan wadah yang digunakan untuk mengemas buah duku sebelum dipasarkan. Kotak duku biasanya terbuat dari kayu atau karton.

Kotak duku yang terbuat dari kayu lebih kuat dan tahan lama, sedangkan kotak duku yang terbuat dari karton lebih ringan dan mudah dibawa.

Kotak-kotak duku yang dibuat oleh ibu-ibu dan remaja putri di Kabupaten OKI digunakan untuk mengemas buah duku sehingga bisa dikirim ke luar kabupaten, bahkan luar provinsi yakni Pulau Jawa.

Kotak-kotak duku tersebut biasanya dikirim menggunakan truk atau kapal feri.

BACA JUGA:Dorong Pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan, Ilham Djaya Pimpin Rapat Bersama Divisi Administrasi

Sejak pagi sejumlah emak-emak, di Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, sudah siap membuat kotak-kotak duku.

Dengan bermodalkan palu, paku, dan tentunya bahan kayu, sehingga dihasilkan kotak duku yang kokoh dan tahan lama.

Salah satu pekerja pembuat kotak Duku, Rusminah mengatakan, ia bersama dengan warga desa nya, sudah hampir satu minggu ini telah bekerja membuat kotak buah Duku. 

"Dari pagi kami buat kotak Duku ini sampai sore. Seharian lumayan banyak yang selesai dibuat atau dirakit," ujarnya, Senin 22 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: