Tidur Beralas Pasir, Tradisi Unik di Sumenep Madura Ini Ternyata Punya Segudang Manfaat

Tidur Beralas Pasir, Tradisi Unik di Sumenep Madura Ini Ternyata Punya Segudang Manfaat

Tidur Beralas Pasir, Tradisi Unik di Sumenep Madura Ini Ternyata Punya Segudang Manfaat--

SUMEKS.CO - Sejak dahulu beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan keanekaragaman adat serta kebudayaan, termasuk kebiasaan unik masyarakat pada masing-masing daerah.

Termasuk diantaranya adalah yang dilakukan warga Kabupaten Sumenep Provinsi Madura, yang memiliki kebiasaan unik selain tradisi karapan sapi yang telah populer sejak dahulu.

Kebiasaan unik tersebut, yakni kebiasaan tidur yang bukan pada umumnya diatas kasur empuk nan nyaman tapi bagi warga Sumenep Provinsi Madura cukup beralaskan pasir saja.

Pemandangan unik tersebut, biasa ditemukan pada tiap-tiap rumah tepatnya di Desa Legung Timur Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Madura.

BACA JUGA:Pria Paruh Baya Obati Gadis Cantik Tuna Rungu Sejak Lahir dengan Sentuhan Tangan, Trik Atau Magic?

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu 21 Januari 2024, tradisi unik tidur diatas pasir ini ternyata sudah berlangsung lama, dan jadi turun temurun bagi hampir sebagian besar warga Sumenep.

Kasur atau ranjang berisi pasir, telah menjadi kearifan lokal yang hanya ditemukan di daerah Sumenep khususnya di Desa Legung Timur.

Menurut warga, kebiasaan menggunakan pasir menjadi alas untuk tidur bukan lantaran tidak mampu membeli kasur pada umumnya yang terbuat dari busa.

Tidur dengan beralaskan butiran-butiran pasir ini di percaya warga Sumenep, sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan.

BACA JUGA:Kebiasaan Unik Bocah 4 Tahun Ini Bikin Warganet Risau, Badan Diguyur Air Agar Tidur Nyenyak, Berbahayakah?

Timbunan pasir ini diyakini memiliki efek relaksasi sekaligus menyembuhkan penyakit, seperti gatal di kulit hingga keluhan nyeri punggung sampai rematik.

Warga Sumenep percaya kebiasaan unik tidur diatas pasir ini, sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu.

Bahkan, hingga saat ini seperti menjadi kebutuhan pokok warga Sumenep saat hendak berisitirahat dari aktifitas seharian diluar rumah.

Tidak hanya sebagai tempat istirahat, terkadang timbunan pasir memang sengaja ditaruh di teras rumah hanya untuk sekedar bersantai, ngobrol santai bersama tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: