Rutin Pakai Softlens? Hati-Hati, Ini Tips Mudah Membersihkan Softlens Agar Mata Tidak Mudah Iritasi

Rutin Pakai Softlens? Hati-Hati, Ini Tips Mudah Membersihkan Softlens Agar Mata Tidak Mudah Iritasi

Tips merawat softlens agar aman digunakan berkali-kali dan tidak menyebabkan iritasi pada mata-ilustrasi-

SUMEKS.CO - Softlens atau lensa kontak yang biasa digunakan beberapa orang setiap hari ternyata memerlukan perawatan dengan membersihkannya agar mata tidak mudah iritasi.

Ini dikarenakan softlens dipakai secara langsung ke dalam mata sehingga pentingnya menjaga dan merawatnya dengan benar agar softlens tetap bersih dan tidak mengganggu kesehatan mata.

Penggunaan lensa kontak atau softlens yang kotor atau tidak cocok kemungkinan besar akan membuat permasalahan pada mata berisiki serta bisa menggores lapisan mata yang memiliki dampak buruk.

Itulah mengapa pentingnya mengetahui cara membersihkan dan merawat softlens, apalagi terumata yang menggunakan lensa kontak atau softlens berulang kali.

BACA JUGA:Jerawat Bikin Malu? 6 Tips Ini Ampuh Cegahnya, Bikin Wajah Cantik Beseri Kembali

Nah kali ini SUMEKS.CO akan memberikan beberapa tips atau cara mudah dalam merawat penggunaan softlens agar mata tidak mudah iritasi dan aman digunakan walau berkali-kali, berikut penjelasannya.

Langkah pertama untuk merawat softlens adalah dengan mengusahakan untuk mencuci tangan sebelum memegang softlens.

Namun dalam mencuci tangan pastikan tidak ada sisa sabun, parfum, minyak, atau lotion yang menempel pada telapak tangan karena tangan akan langsung kontak dan memegang softlens atau lensa kontak.

Itulah mengapa menggunakan softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens.

BACA JUGA:Cegah Karang Gigi Menumpuk, Yuk Ikuti 8 Tips Ampuh Ini, Dijamin Berhasil!

Inilah yang nantinya bisa merusak mata tapo setelah cuci tangan juga pastingan untuk mengeringkan tangan menggunakan tisu atau handuk tanpa serat sebelum memakai softlens.

Hal penting lain adalah pentingnya untuk memperhatikan air, pastikan tidak menggunakan air keran untuk membersihkan softlen karena seperti yang beredar di media, hampir di setiap air keran mengandung acanthamoeba.

Bakteri inilah yang dapat menempel dan mengkontaminasi lensa kontak atau softlens yang jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan masalah pada mata karena infeksi bakteri tersebut.

Jadi disarankan untuk membiasakan memakai cairan pembersih khusus untuk softlens agar kebersihannya tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: