Dirjen Dukcapil Tinjau Adminduk di Muara Enim, Beri Arahan untuk Tingkatkan Pelayanan

Dirjen Dukcapil Tinjau Adminduk di Muara Enim, Beri Arahan untuk Tingkatkan Pelayanan

KUNKER : Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Drs Teguh Setyabudi MPd melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Teguh Setyabudi MPd melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Muara Enim, Kamis 18 Januari 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Teguh Setyabudi diterima langsung oleh Sekda Muara Enim Ir Yulius MSi didampingi Kadisdukcapil Muara Enim Drs Risman Effendi MSi, Kadisdukcapil Prabumulih Haryadi SH MM,  Kasat Pol PP Muara Enim Drs AM Musadeq MM dan pejabat terkait lainnya.

"Alhamdulillah, secara umum Aminduk di Sumatera Selatan sudah bagus, termasuk di Muara Enim. Tapi yang sekarang kami kejar adalah seluruh Dinas Dukcapil menuntaskan terkait perekaman untuk para pemilih pemula," ujar Dirjen Teguh Setyabudi.

Menurut Teguh, dalam peninjauan  pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang ada di Dinas Dukcapil Muara Enim dan daerah lainnya adalah untuk memastikan sejauh mana persentase perekaman KTP Elektronik, khususnya bagi para pemilih pemula, menjelang Pemilu 2024 mendatang. 

BACA JUGA:5 Perkara Ini Wajib Disegerakan Dalam Islam, Nomor 4 Masih Jarang Dilakukan

Untuk itu, petugas Dukcapil untuk memperhatikannya supaya jangan sampai pada hari H terlewatkan.

"Pemilih pemula bertepatan dengan tanggal 14 Februari 2024 sudah berumur 17 tahun, ini yang harus dikejar jangan sampai nanti ada masalah di kemudian hari. Dan kita sudah koordinasi dengan KPU RI nanti untuk hal-hal seperti itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Dirjen Dukcapil juga  sudah menugaskan untuk tanggal 14 Februari nanti, pihak Dinas Dukcapil akan terus buka untuk melakukan pelayanan.

Bila perlu seluruh Dinas Dukcapil termasuk di Muara Enim adalah melakukan strategi jemput bola seperti ke sekolah-sekolah. 

BACA JUGA:MasyaAllah! Debit Air Makin Tinggi, Jalan Penghubung di Dusun Pj Bupati Apriyadi Amblas

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi untuk masalah jemput bola di SMA se-derajat.

"Jadi mereka-mereka yang usianya walaupun belum 17 tahun, tapi pada 14 Februari nanti berumur 17 tahun itu kita rekam, itulah namanya untuk perekaman pemilih pemula," terangnya.

Di sisi lain, Dirjen Dukcapil menyampaikan bahwa secara umum pelayanan Adminduk di Dinas Dukcapil Muara Enim sudah baik.

Dan kita buktikan serta saksikan sendiri keadaan dilapangan dan menanyakan langsung kepada pengunjung secara acak untuk meminta masukan ataupun kendala dilapangan namun ternyata semuanya menyatakan puas dan bagus atas pelayanan di Disdukcapil Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: