7 Manfaat Tanaman Akar Wangi Untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kinerja Otak

  7 Manfaat Tanaman Akar Wangi Untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kinerja Otak

Tanaman akar wangi merupakan tumbuhan golongan rumput-rumputan yang dikenal memiliki aroma khas.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tanaman akar wangi merupakan tumbuhan golongan rumput-rumputan yang dikenal memiliki aroma khas dan dapat memberikan ketenangan serta membawa nuansa relaksasi. 

Tumbuhan satu ini akan dijadikan sebagai sumber wangi-wangian. Misalnya aroma minyak atsiri yang dihasilkan dari akar wangi yang disukai kebanyakan orang. 

Aroma dari minyak atsiri merupakan salah satu produk dari hasil olahan tanaman akar wangi. Oleh karena itu tumbuhan satu ini sudah lama dikenal sebagai sumber wangi wangian. 

Tumbuhan akar wangi ini juga sering disebut dengan serai wangi, rumput akar wangi, vetiver, chrysopogon zizanioides syn, vetiveria zizanioides, andropogon zizanioides. 

BACA JUGA:Mau Bikin Wajah Putih Mulus Tanpa Flek Selamanya? Tak Perlu Skincare, Cukup Pakai Serai dan Jeruk Nipis Loh

Tumbuhan satu ini juga termasuk kedalam famili Poaceae.yang masih termasuk kedalam golongan serai atau padi. 

Nah tanaman akar wangi sudah sejak lama dikenal sebagai pengharum ruangan, lemari, pakaian atau barang barang penting lainnya. 

Eits tidak hanya itu saja, tanaman akar wangi selain dijadikan sumber wangi-wangian, ada beberapa juga manfaat dari tanaman ini, yuk simak : 

1. Mengobati Iritasi Lambung

BACA JUGA:Serai Bisa Mengatasi Insomnia dan Beberapa Gangguan Kesehatan , Bukan Sekedar Bumbu Dapur

Tumbuhan akar wangi juga bermanfaat untuk mengobati iritasi lambung. Tanaman ini memiliki senyawa alami Pirazolin yang terdapat pada minyak atsiri akar wangi dalam pengobatan iritasi lambung. 

Nah kandungan ini sering disebut dengan obat inflamasi lambung yang hampir sama dengan senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai obat, yaitu Celecoxib.

2. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Untuk meningkatkan fungsi kerja otak dengan baik dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan menghirup aromaterapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: