Komedo Mengganggu? Hilangkan dengan 8 Cara Alami Ini!

Komedo Mengganggu? Hilangkan dengan 8 Cara Alami Ini!

Komedo di wajah memang bisa sangat mengganggu penampilan. --

SUMEKS.CO -  Komedo di wajah memang bisa sangat mengganggu penampilan. Komedo bisa muncul di area wajah mana saja, tetapi paling sering muncul di dahi, hidung, dan dagu.

Komedo bisa berukuran kecil hingga besar, dan bisa berwarna hitam atau putih.

Komedo terbentuk ketika folikel atau pori-pori rambut di kulit wajah tersumbat oleh sel kulit mati. Sel kulit mati ini biasanya akan terlepas dan dibersihkan oleh minyak alami kulit.

Namun, jika produksi minyak alami kulit terlalu tinggi, sel kulit mati ini bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori.

BACA JUGA:Idaman Pecinta Skutik, All New Honda Scoopy 2024 Tawarkan Tampilan Baru dan Inovasi Canggih

Komedo juga bisa disebabkan oleh bakteri, dan minyak. Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah bakteri yang hidup secara alami di kulit.

Namun, pada orang dengan jerawat, P. acnes dapat berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan peradangan.

Selain muncul di wajah, komedo juga bisa muncul di area punggung, bahu, dada, leher, dan lengan yang putih. Hal ini karena area-area tersebut juga memiliki folikel rambut yang dapat tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

Jika komedo dibiarkan begitu saja, maka dapat berkembang menjadi jerawat. Hal ini karena komedo yang tersumbat dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri P. acnes. Bakteri ini dapat menghasilkan zat-zat yang dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.

BACA JUGA:Alvaro Fernandez Bisa Dapat Kontrak Permanen dari MU Jika Benfica Penuhi Syarat Ini!

Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan komedo sedini mungkin. Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo, baik secara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan kulit.

Secara umum, cara menghilangkan komedo secara alami memang lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah. Hal ini karena bahan-bahan alami yang digunakan biasanya mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Selain itu, cara-cara alami juga umumnya dianggap lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara alami untuk menghilangkan komedo mungkin tidak seefektif produk perawatan kulit yang dijual bebas atau yang diresepkan oleh dokter.

Hal ini karena bahan-bahan alami biasanya memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan bahan-bahan aktif yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: