Sering Dijadikan Olahan Makanan, Kembang Turi Bermanfaat untuk Kesehatan

 Sering Dijadikan Olahan Makanan, Kembang Turi Bermanfaat untuk Kesehatan

Kembang turi memiliki berbagai warna, seperti merah, putih dan berbentuk seperti kupu kupu saat mekar.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Selain sering dicampur diberbagai makanan, ternyata bunga ini memiliki manfaat termasuk bagi kesehatan.

Bukan tanpa alasan, kembang turi memiliki kandungan saponin, vitamin A, vitamin B, perioksidase, dan bahan lainnya, yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan. 

Kembang turi ini memiliki berbagai warna seperti merah, putih dan berbentuk seperti kupu kupu saat mekar. Pastinya kembang turi ini aman dikonsumsi. Bagi pecinta pecel atau tumisan, tentunya tidak asing lagi dengan kembang turi.

Tanaman satu ini banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan, pada daerah bagian tropis. Biasanya tinggi pohon kembang ini bisa sampai 12 meter. 

BACA JUGA:Tanaman Hias Bunga Telang, Sering Dijadikan Pewarna Alami dan Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Cita rasa dari olahan kembang turi ini yaitu segar dan memiliki tekstur bunga yang lunak dapat memberikan cita rasa lebih enak dan lezat.


Kembang turi berwarna merah akan terlihat seperti kupu-kupu saat mekar.--dok : sumeks.co

Penasaran apa saja manfaat kembang turi yang bisa diolah menjadi masakan seperti campuran pecel atau dioseng ini? Ada juga beberapa manfaat bunga turi bagi kesehatan :  

1. Dapat mengobati diare 

BACA JUGA:7 Manfaat Tanaman Kemuning untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Rematik Lho!

Ternyata bunga turi dapat digunakan untuk mengobati diare. Biasanya yang diambil kulit pohon, bahkan juga bisa mengatasi malaria dan cacar. 

Selanjutnya menyembuhkan sakit kepala, rabun senja, hingga katarak. Sementara daun bunga turi dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam, migran, sinusitis, hingga gangguan pernapasan. 

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Tanaman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung antioksidan yang kuat dan bisa juga menjaga membran sel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: