Tanaman Hias Bunga Telang, Sering Dijadikan Pewarna Alami dan Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Tanaman Hias Bunga Telang, Sering Dijadikan Pewarna Alami dan Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Bunga telang ini juga memiliki nama ilmiah clitoria ternate yang merupakan tanaman semak dan biasanya tumbuh hingga ketinggian 2 meter. --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Bunga telang merupakan tanaman hias yang berwarna biru keunguan dan mempunyai kelopak berbentuk bulat telur. 

Biasanya bunga ini dapat dijadikan  sebagai pewarna natural atau alami. Merupakan salah satu jenis bunga yang tumbuh di Indonesia yang biasanya akan tumbuh di daerah pada iklim tropis dan subtropis.

Ternyata bunga telang ini juga memiliki nama ilmiah clitoria ternate yang merupakan tanaman semak dan biasanya tumbuh hingga ketinggian 2 meter. 

Selain dapat digunakan untuk membuat pewarna alami, bunga telang  juga memiliki beberapa manfaatnya untuk kehidupan termasuk untuk kesehatan

BACA JUGA:Khasiat Teh Bunga Telang dalam Melawan Kanker, Mitos atau Fakta?

Nah ini tanaman ini sangat pas jika digunakan sebagai bahan alami pewarna makanan karena dapat membuat makanan yang dihasilkan enak dan menyehatkan.

Warna biru yang dimiliki bunga telang ini dapat dijadikan pewarna kue seperti puding, minuman, serta aneka kuliner lainnya. Warna birunya yang indah dapat membuat  penampilan makanan serta minuman  menjadi menarik. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan praktis yaitu dengan cara  mengumpulkan sebagian kuntum bunga telang kemudian meremas  atau menumbuk hingga keluar sari sari warna birunya. 

Eits tak perlu khawatir karena pemakaian ekstrak bunga telang tidak memberi efek aroma atau cita rasa masakan. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Inilah 5 Mitos Kejawen Tanam Bunga Kenanga di Teras Rumah

Hal ini dikarenakan ekstrak dari pewarna hanya mengandung zat warna yaitu sebagai antosianin. 

Tanaman  latin Clitoria ternatea ini dapat ditemukan disekitar kita pada dasarnya tanaman ini mudah untuk tumbuh secara masif.  

Tanaman Bunga telang ini diketahui dengan sebutan nama global sebagai butterfly pea, blue pea, Cordofan pea serta Asian pigeonwing diketahui di Malaysia.

Nah guys selain bunga telang ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami, tanaman ini dapat  dibuat menjadi produk-produk kosmetik seperti masker wajah atau obat herbal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: