Kefir vs Yogurt, Sama-sama dari Susu, Mana yang Lebih Murah dan Sehat?

Kefir vs Yogurt, Sama-sama dari Susu, Mana yang Lebih Murah dan Sehat?

Kefir sudah ditemukan berabad-abad yang lalu di Pegunungan Kaukasus di Eropa Timur dekat wilayah Turki.--net

SUMEKS.CO - Ada dua minuman sehat yang terbuat dari susu fermentasi sapi, kambing dan domba. Kefir dan yogurt sama-sama kaya akan kandungan prebiotik.

Sejarawan percaya kefir sudah ditemukan berabad-abad yang lalu di Pegunungan Kaukasus di Eropa Timur dekat wilayah Turki. Kata kefir berasal dari bahasa Turki “keif,” yang diterjemahkan menjadi “good feeling.” 

Sedangkan asal-usul yogurt dapat ditelusuri dari kata dalam Bahasa Turki, yaitu "yoğurmak", yang berarti mengentalkan, membeku, atau mengental. Produk ini umumnya memiliki tekstur yang kental dan sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan smoothies dan parfait. 

Saat ini, minuman yogurt cair juga menjadi pilihan yang populer. Meskipun yogurt tanpa tambahan apapun memiliki citarasa asam yang khas, kita juga dapat memilih yogurt dengan variasi rasa manis, seperti buah, madu, atau vanila.

BACA JUGA:Cuma 3 Hari! Usus dan Hati Bersih Total, Rahasianya Ada Diracikan Minuman Herbal Ini, Praktis dan Murah

BACA JUGA:Kefir, Minuman Probiotik Kaya Manfaat Warisan Nabi, Begini Cara Membuatnya

Kefir dan yogurt adalah dua minuman fermentasi yang terbuat dari susu. Keduanya memiliki rasa asam dan creamy, serta kandungan nutrisi yang tinggi. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara kefir dan yogurt, yaitu:

Cara pembuatan

Kefir dibuat dengan cara fermentasi susu dengan biji kefir, yang merupakan kombinasi dari bakteri asam laktat dan ragi. Yogurt dibuat dengan cara fermentasi susu dengan bakteri asam laktat saja.

Jenis bakteri 

Kefir mengandung lebih banyak jenis bakteri asam laktat dan ragi dibandingkan yogurt. Hal ini membuat kefir memiliki rasa yang lebih kompleks dan sedikit berbuih.

BACA JUGA:7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Ampuh Atasi Kecanduan Rokok, Bikin Paru-Paru Sehat

Konsistensi

Kefir memiliki konsistensi yang lebih cair dibandingkan yogurt. Hal ini disebabkan oleh kandungan ragi dalam kefir yang menghasilkan karbon dioksida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: