Kefir, Minuman Probiotik Kaya Manfaat Warisan Nabi, Begini Cara Membuatnya

Kefir, Minuman Probiotik Kaya Manfaat Warisan Nabi, Begini Cara Membuatnya

Kefir termasuk salah satu, minuman probiotik yang terbuat dari susu dan telah ada sejak zaman Nabi.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Sebagian orang mungkin belum terlalu kenal dengan Kefir. Salah satu minuman probiotik yang terbuat dari susu dan telah ada sejak zaman Nabi.

Kefir juga dikenal karena manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Bagaimanakah cara mendapatkanya? Apakah kita bisa membuatnya sendiri di rumah?

Minuman kesehatan ini memiliki sejarah yang panjang dan penuh legenda. Dari hasil penelusuran ternyata asal-usul kefir dari puncak Pegunungan Kaukasus hingga menjadi minuman dirumah. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa minuman ini sudah dinikmati oleh masyarakat Pegunungan Kaukasus Utara lebih dari 1.400 tahun yang lalu. 

BACA JUGA:Kefir vs Yogurt, Sama-sama dari Susu, Mana yang Lebih Murah dan Sehat?

Legenda setempat bahkan mengisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW mewariskan biji kefir kepada penduduk Kaukasus sebagai hadiah istimewa.

Biji-biji ini, yang menyerupai gumpalan putih seperti telur orak arik. Bibit Kefir itu dijaga dan diwariskan turun-temurun selama berabad-abad.

Benarkah bibit Kefir sebagai warisan peninggalan Nabi? Hal ini tersurat dalam ayat Al-Quran yang menyebutkan Kefir sebagai “kaafuura”. 

Kaafuura merupakan nama mata air di surga. Mata air Kaafura digambarkan memiliki bau yang harum, rasa yang lezat dan berwarna putih. Kisah Kaafuura tercantum dalam Surah Al Insaan ayat 5.

BACA JUGA:Wajib Coba! Kuliner Biji Salak untuk Cemilan di Rumah, Ini Resepnya

Bibit Kefir menjadi sangat berharga bagi kaum Kaukasia. Bibit Kefir telah dijaga dan diwariskan turun temurun oleh kaum Kaukasia.

Marcopolo juga sempat menuliskan tentang Kefir di pegunungan Kaukasus dalam catatan penjelajahannya.

Teori lain menyebutkan bahwa nama kefir berasal dari bahasa Turki, "keif," yang berarti "perasaan yang baik" atau "menyenangkan." Ini mungkin merujuk pada efek menyegarkan dan menyehatkan yang dirasakan oleh orang yang mengkonsumsi kefir.

Probiotik Kefir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: