Penting, Tapi Butuh Perhatian, 60 Persen Pasar Kalangan di OKI Butuh Renovasi

Penting, Tapi Butuh Perhatian, 60 Persen Pasar Kalangan di OKI Butuh Renovasi

Pasar kalangan di Kabupaten OKI butuh renovasi. -Niskiah/Sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pasar kalangan merupakan salah satu jenis pasar tradisional yang ada di Indonesia. Pasar ini biasanya terletak di desa atau kecamatan, dan biasanya buka hanya satu hari dalam seminggu.

Pasar kalangan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) cukup banyak, dan tersebar di berbagai kecamatan. Pasar-pasar ini sangat diperlukan masyarakat dalam bertransaksi jual beli, karena menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. 

Dari jumlah keseluruhan pasar kalangan yang ada di Kabupaten OKI dan tersebar di 18 Kecamatan, sebanyak 15 pasar membutuhkan renovasi.

Pasar-pasar ini membutuhkan perbaikan pada sarana dan prasarananya, seperti tempat berjualan, fasilitas umum, dan sanitasi.

BACA JUGA:Bukan Nabi dan Rasul, Tapi 2 Manusia Ini Sangat Ditakuti Setan dan Iblis, Siapa Dia?

Penyebab utama pasar kalangan di Kabupaten OKI membutuhkan renovasi adalah karena usia pasar yang sudah tua.

Rata-rata pasar kalangan di Kabupaten OKI dibangun pada tahun 1970-an dan 1980-an. Selain itu, faktor alam juga turut menyebabkan kerusakan pada pasar-pasar tersebut.

Pemerintah Kabupaten OKI telah menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar untuk merenovasi pasar kalangan. Renovasi ini akan dilakukan secara bertahap, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2025.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP mengatakan, rata-rata pasar kalangan di Kabupaten OKI membutuhkan renovasi. Yakni ada sekitar 60 persen nya butuh renovasi. 

BACA JUGA:Ini Rangkaian Prosesi Unik, Pernikahan Pangeran Mateen Berbalut Adat Kerajaan Brunei

"Pasar kalangan di Kabupaten OKI rata-rata di setiap Kecamatan ada, nah dari pasar kalangan itu butuh renovasi," ujarnya, kepada SUMEKS.CO, Senin 15 Januari 2024.

Iqbal mengungkapkan, untuk jumlah total pasar rakyat dan kalangan di Kabupaten OKI ada sekitar 90 an lebih. Dari jumlah sebanyak itu 60 persen perlu dilakukan renovasi atau revitalisasi. 

Pasar kalangan ini, lanjutnya, rata-rata terbuat dari kayu dengan atap seng. Dibangun sudah lama, jelas kondisinya sudah tidak layak lagi. Tetapi karena itu merupakan satu-satu lokasi pasar di kecamatan sehingga masih difungsikan. 

"Rata-rata di setiap kecamatan untuk pasar kalangannya membutuhkan renovasi," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: